Browser Chrome di Windows 7

Google Perpanjang Dukungan Chrome di Windows 7 Hingga 2022

NESABAMEDIA.COMGoogle semalam mengumumkan bahwa pihaknya akan memperpanjang dukungan browser Chrome untuk Windows 7 sampai dengan bulan Januari tahun 2022 mendatang. Ini berarti Google memperpanjang dukungan selama 6 bulan lagi, dan alasan utamanya karena wabah pandemi Covid-19. 

“Setelah mempertimbangan situasi yang ada saat ini, dan juga dari banyaknya masukan dari para pelanggan perusahaan kami yang sangat kami hargai, Chrome akhirnya memutuskan untuk memperpanjang dukungan di Windows 7 setidaknya sampai dengan tanggal 15 Januari 2022 mendatang. Itu adalah perpanjangan dukungan selama enam bulan lagi, dari jadwal sebelumnya yakni pada tanggal 15 Juli 2021. Kami akan terus melakukan evaluasi pada kondisi yang dihadapi para pelanggan kami yang berharga, dan akan mengkomunikasikan adanya perubahan kedepannya,” begitu bunyi pengumuman yang disampaikan oleh pihak Google.

Dari data yang dimiliki oleh pihak Google, sudah ada sekitar 78 persen dari pelanggan enterprise mereka yang telah melakukan migrasi dari Windows 7, namun ada sekitar 21 persen yang masih dalam proses migrasi.

Tentu saja, hal ini disebabkan oleh adanya wabah pandemi global, sehingga banyak perusahaan yang akhirnya membatalkan proses migrasi mereka, dari yang seharusnya direncanakan pada tahun 2020 ini. Jadi, keputusan untuk memperpanjang dukungan ini diharapkan bisa membantu mereka yang gagal melakukan proses migrasi.

Lebih lanjut, Google menjelaskan ke publik bahwa keputusan perpanjangan dukungan tersebut bisa menjadikan para perusahaan sedikit bisa bernapas lega. Pasalnya mereka yang masih menggunakan Windows 7 dan belum dapat melakukan migrasi ke sistem operasi yang lebih terkini, tetap akan mendapatkan dukungan dalam menggunakan aplikasi atau program browser Google Chrome seperti sebelumnya. Baik itu dukungan produktivitas hingga dukungan masalah keamanan. 

Sementara para IT dan administrator yang juga masih menggunakan Windows 7 untuk menjalankan Chrome, tetap akan mendapatkan semua fitur yang tersedia di browser tersebut, sesuai dengan roadmap yang direncanakan oleh pihak Google. Seperti fitur pemanfaatan layanan cloud, peningkatan fitur keamanan, dan rencana Google untuk mengintegrasikan Chrome dengan lingkungan yang semakin luas di seluruh versi sistem operasi yang ada.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend