Fitur Baru Google Maps Rambu Lalu Lintas

Google Ujicoba Penyematan Lampu Lalu Lintas di Maps

NESABAMEDIA.COM – Bagi Anda yang sibuk menggunakan transportasi untuk bepergian ke tempat kerja atau ke tempa lainnya, Anda mungkin seringkali dibuat bosan karena kemacetan yang diperparah dengan lampu lalu lintas yang tidak kita ketahui letaknya. Untungnya, Anda dapat segera melihat lokasi tepat yang menandakan keberadaan lampu lalu lintas di Google Maps.

Tampaknya Google sedang bereksperimen dengan fitur baru yang menampilkan lampu lalu lintas langsung di Maps. Dilansir dari laman Droid-Life, yang pertama kali melihat implementasi baru, lampu lalu lintas akan terlihat baik saat bernavigasi atau sekadar menjelajahi aplikasi tanpa mengaktifkan GPS.

Tampilan lampu lalu lintas tersebut seperti gambar tangkapan layar (screenshot) di bawah ini.

Fitur pemantau lampu lalu litas di google maps

Dari tampilannya, fitur tersebut hanya menunjukkan keberadaan lampu lalu lintas di tempat-tempat tertentu. Ia tidak benar-benar menampilkan sinyal lampu merah, kuning, dan hijau dengan tepat dan secara real-time. Keberadaan penanda ini hanya bisa menjadi acuan bagi pengguna yang baru memasuki suatu wilayah yang belum pernah ia kunjungi. Ia juga dapat berguna bagi pengendara sepeda atau motor roda dua yang ingin menghindari persimpangan berlampu lalu lintas.

Pesaing terdekat Google yakni Apple telah meluncurkan fungsionalitas serupa di aplikasi Maps-nya pada tahun lalu. Bahkan, produsen iPhone dan iPad tersebut melangkah lebih jauh karena menyertakan tanda berhenti sebagai bentuk peringatan untuk mengatur kecepatan berkendara. Untuk dapat mewujudkan pembaruan sinyal tanda berhenti, Apple bermitra dengan pihak otoritas lalu lintas serta pihak pengembang untuk memperoleh API secara akurat.

Apabila kita tarik ulang sejarah penyematan tentang aplikasi dengan fitur serupa, Yandex Maps juga memiliki indikator lampu lalu lintas setidaknya selama beberapa tahun belakangan. Mereka bahkan sudah memperkenalkannya kepada publik jauh sebelum Apple memamerkan implementasinya sendiri. Jadi dalam hal ini, Google hanya mengejar ketertinggalan tentu dengan berbagai perbaikan dari fitur-fitur serupa.

Sepertinya, Google hanya bereksperimen dengan ide untuk saat ini; Sebab fitur ini masih terbatas di beberapa perangkat Android, sebut saja Pixel 4 yang sudah mendapatkan pembaruan Android 11 versi beta.

Leave a Reply

Send this to a friend