Iklan Microsoft Tuai Cibiran, Bandingkan iPad Pro dengan Surface Pro 7

Iklan Microsoft Tuai Cibiran, Bandingkan iPad Pro dengan Surface Pro 7

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mencoba membandingkan perangkat Surface Pro 7 mereka dengan iPad Pro dalam sebuah video yang dirilis hari Senin kemarin. Dalam video itu, digambarkan bagaimana produk Windows tersebut mampu menjadi yang terdepan dan mengungguli produk buatan Apple. Namun untuk hal itu, Microsoft rupanya mengabaikan beberapa fakta dan sedikit mengubah kenyataan yang ada di produk mereka.

Video itu diawali dengan memamerkan kelebihan yang ada di perangkat tablet berbasis Windows 10 itu. Namun menariknya, Microsoft tidak membahas betapa tebal dan beratnya Surface Pro 7 jika dibandingkan dengan iPad Pro. Surface Pro 7 tebalnya 0.33 inci dengan berat 1,7 pound. Sementara iPad Pro memiliki ketebalan 0.23 inci dan berat 1,4 pound. Meski demikian, perangkat Apple itu mampu menawarkan ukuran layar yang lebih besar yakni 12.9 inci berbanding 12.3 milik Surface Pro 7.

Kemudian video beralih membahas Surface Type Cover, keyboard yang menjepit bagian depan perangkat secara magnetis. Lalu menampilkan Apple Magic Keyboard untuk iPad, namun tidak menampilkan aksesoris apalagi menampilkan efek floating atau mengambang yang keren yang dimiliki oleh iPad Pro. 

Dengan tidak menyebutkan bahwa tablet Apple itu juga bisa menjepit secara magnetis keyboardnya, video iklan itu malah menyebut bahwa aksesoris iPad yang keren tersebut jauh lebih berat. 

Selanjutnya gambar di video membahas masalah port atau colokan, dan kembali di sini Microsoft membanggakan colokan yang ada di Surface Pro 7. Perangkat itu disebutkan memiliki USB Type-C, USB Type-A, sebuah colokan untuk pengisian ulang dan transfer data, dan sebuah slot untuk microSD. Sementara itu iPad Pro ditunjukkan hadir dengan USB Type-C, meski video itu lebih banyak menyoroti colokan untuk pengisian ulang saja yang ada di bagian belakang. 

Aktor dalam video iklan itu lantas mengatakan bahwa, “iPad Pro hanya sebuah tablet, sedangkan Surface merupakan sebuah perangkat komputer dan tablet yang komplit”. Sayangnya, video itu tidak berusaha menjelaskan arti dari pernyataan itu, karena pada dasarnya memang tidak banyak yang bisa ditonjolkan. 

Akhir di video itu membahas soal harga dari Surface Pro yang lebih murah ketimbang iPad Pro. Surface Pro disebutkan dijual seharga USD880 sementara iPad Pro dijual seharga USD1,348. 

Banyak pihak tidak terlalu kaget, jika video iklan itu tidak menampilkan beberapa kelemahan dari perangkat Surface Pro 7. iPad menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama. Sistem operasi dan perangkat lunak pihak ketiga-nya telah didesain dari awal untuk bisa digunakan dengan layar sentuh.

Sementara Windows 10 dan aplikasinya, memiliki dukungan yang sangat buruk dalam hal fitur sentuhan. Banyak aplikasi pihak ketiganya pun tidak mencoba untuk bisa memberikan dukungan semacam itu. 

Namun pada akhirnya, video itu tersebut memanglah sebuah iklan, dan pengguna diharapkan tidak menjadi kebingungan dengan perbandingan nyata antar kedua perangkat tablet itu. Sebelumnya, Microsoft juga membuat iklan yang mencemooh MacBook dengan sebutan BackBook

Leave a Reply

Send this to a friend