Windows 10X Action Center

Ini Penampakan Action Center Baru di Windows 10 Yang Akan Datang

NESABAMEDIA.COMMicrosoft sepertinya akan memberikan antarmuka Action Center di Windows 10 sebuah peningkatan besar, hal ini terungkap dari sebuah kode referensi yang ditemukan di Preview Builds. Tampaknya, Action Center dalam waktu dekat akan menggunakan komponen antarmuka dari Windows 10X, sebagai bagian dari upaya Microsoft untuk meningkatkan konsistensi mereka di seluruh platform yang dimiliki.

Sebagai informasi, Windows 10X hadir dengan sebuah Action Center baru, yang dasarnya menggunakan pendekatan yang sama seperti yang ada di Windows 10. Namun Action Center ini menyediakan akses ke halaman Settings dan Notifikasi dalam cara yang berbeda.

Di Windows 10X, tampilannya terbagi menjadi dua bagian panel, dan antarmuka penggunanya akan menyesuaikan secara otomatis ketika pengguna menerima notifikasi baru atau melebarkan tab Quick Action, seperti yang tampak pada tangkapan layar berikut ini.

Panel Quick Actions di Action Center

Panel Quick Actions di Action Center

Di Preview Builds, Microsoft kini sedang menguji coba sebuah pengalaman Action Center seperti yang ada di Windows 10X, ke Windows 10 di mana nantinya program itu akan terbagi menjadi dua panel yang berbeda yakni bagian pertama berupa notifikasi dan satunya lagi Quick Actions.

Lebih lanjut, notifikasi nantinya akan dipisahkan ke panel dialog sendiri, di mana masing-masing entry akan menampilkan pesan dan nama dari aplikasi. Sementara Quick Actions akan muncul di bagian bawah layar, seperti yang terlihat dalam tangkapan layar di bawah ini:

Action Center di Bawah Layar

Action Center di Bawah Layar

Pada dasarnya, secara teknis pendekatannya akan sama seperti di Windows 10 dan Quick Action juga hampir mirip seperti yang ada di Windows 10 juga. Namun Microsoft turut mengenalkan dukungan ikon di menu konteks (klik kanan) dan efek akrilik Fluent Design. Artinya, gambar latar belakang desktop akan terlihat ketika pengguna membuka Action Center.

Action Center baru ini saat ini masih dalam tahap pengembangan dan tampak berbeda dari yang ada di Windows 10X. Rencananya adalah Action Center akan dipisah dalam dua bagian panel, di mana Quick Actions akan ditampilkan di bagian paling bawah sendiri, dan notifikasi akan ditampilkan di bagian atas secara terpisah. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend