Fitur Instagram Kembalikan Unggahan Yang Terhapus

Instagram Kini Tetap Simpan Postingan Yang Terhapus Selama 30 Hari

NESABAMEDIA.COMKetika anda menghapus postingan atau story di Instagram, terkadang terlintas rasa menyesal. Kabar baiknya adalah sekarang Instagram memiliki sebuah fitur baru, yang akan menyimpan unggahan atau story yang telah terhapus. Unggahan atau story yang telah terhapus entah karena sengaja atau tidak, akan tetap disimpan oleh Instagram hingga jangka waktu 30 hari ke depan. 

Selama jangka waktu tersebut, anda masih bisa mengembalikan unggahan atau story itu. Ini akan sangat membantu, jika seseorang mengalami peretasan yang membuat akun mereka kehilangan unggahan atau story di Instagram.

Pihak Instagram mengatakan bahwa fitur Recently Deleted itu memang pada awalnya ditujukan untuk mengembalikan unggahan atau story yang terhapus ketika akun mengalami peretasan. Selama ini, banyak sekali pembuat konten yang mengeluh dan stres saat mengalami peretasan dan unggahan mereka pada akhirnya harus menghilang. Apalagi, jika ternyata konten yang terhapus itu merupakan konten kerjasama dengan pihak sponsor. 

Kini semua unggahan dan stories yang terhapus itu (bukan termasuk yang diarsipkan) akan ditempatkan di sebuah folder bernama Recently Deleted yang bisa diakses melalui halaman Settings → Account. Nantinya konten yang ditempatkan di sana akan bisa bertahan selama 30 hari. Konten itu termasuk unggahan foto, video, reel, video IGTV dan juga stories. Setelah 30 hari, konten itu akan terhapus secara otomatis.

Akan tetapi untuk memberikan perlindungan pada akun yang baru saja mengalami peretasan, sistem Instagram akan meminta verifikasi terlebih dahulu agar membuktikan yang sedang login adalah pemegang akun yang asli. Jika gagal dalam proses verifikasi ini, kemungkinan Instagram akan menyalakan alarm dan mengirimkan notifikasi ke akun pemilik asli bahwa akun mereka sedang mengalami gagal login. 

Instagram masih belum bisa mengkonfirmasi kapan fitur Recently Deleted itu akan hadir di semua pengguna. Instagram hanya mengatakan bahwa proses perilisan fitur itu akan dilakukan secara bertahap. Jadi dengan demikian, mungkin akan ada beberapa pengguna yang bisa lebih dulu kedatangan fitur baru tersebut. Sementara yang lain, harus tetap menunggu hingga hadir di akun Instagram mereka. 

Leave a Reply

Send this to a friend