Instagram PWA di Windows 10 Kini Akan Berbasis Edge Chromium

Instagram PWA di Windows 10 Kini Akan Berbasis Edge Chromium

NESABAMEDIA.COMWindows Store masih kurang mendapatkan perhatian dari sejumlah brand aplikasi ternama dan cenderung akan menjadi sebuah berita yang besar ketika salah satu brand itu merilis pembaruan baru untuk aplikasi mereka yang ada di sana. Salah satunya adalah ketika Instagram memperbarui aplikasi asli mereka menjadi Aplikasi Web Progresif (PWA) untuk Windows 10, yang pada dasarnya adalah sebuah wrapper dari Instagram.com.

Pekan ini, Instagram untuk Windows 10 telah diperbarui dan diubah menjadi sebuah PWA berbasis Chromium Edge. Aplikasi Instagram yang lama, yang juga merupakan sebuah aplikasi web, bergantung pada browser Microsoft Edge versi lama. Versi baru ini, akan menjadikan Instagram lebih kompatibel dengan browser Edge versi Chromium dan WebView 2. 

Secara alami, PWA berbasis Chromium Edge akan menawarkan pengalaman yang lebih baik dan juga hadir dengan sejumlah fitur tambahan yang baru. Salah satu fitur baru itu adalah menu elipsis, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses ekstensi dan opsi lainnya yang ada di browser Microsoft Edge. 

Perlu dicatat bahwa aplikasi Instagram untuk Windows 10 yang baru ini tidak akan kehilangan fungsionalitas aslinya setelah diperbarui dan fitur seperti Direct Message masih tetap tersedia. Meskipun fitur Direct Message tidak akan mengalami perubahan, namun pengguna masih belum bisa untuk mengunggah foto ke halaman profil dan sampai saat ini masih belum ada informasi kapan Facebook akan mendukung fungsi dasar dari aplikasi Instagram tersebut.

Untuk sekarang, jika pengguna ingin mengunggah foto di Instagram, mereka harus tetap menggunakan aplikasi mobile. 

Versi baru dari Instagram ini sepertinya akan diluncurkan ke perangkat Windows 10 secara bertahap dan mungkin juga tidak akan tersedia ke seluruh pengguna. 

Sementara itu, seiring semakin populernya penggunaan PWA, Microsoft sendiri terus berusaha untuk menjadikan PWA lebih seperti aplikasi asli Windows. Seperti yang dilakukan pada versi berikutnya dari Edge, Microsoft berencana untuk meningkatkan tampilan dari aplikasi web dengan fitur Windows Controls Overlay, yang dimaksudkan untuk menambahkan dukungan di Search Bar dan fitur lain yang ada di PWA.

Leave a Reply

Send this to a friend