Aplikasi Luna Display

Jadikan iPad Sebagai Monitor Kedua Untuk Perangkat Windows dengan Luna Display

NESABAMEDIA.COMAplikasi Luna Display menjadi salah satu aplikasi favorit pengguna yang memiliki fungsi menjadikan layar iPad sebagai monitor kedua perangkat PC. Sebelumnya, Luna Display hanya tersedia untuk perangkat Mac saja, namun kini telah mendukung untuk perangkat Windows 10. 

Astropad selaku pengembang dari Luna Display merilis sebuah program Kickstarter, untuk menghadirkan aplikasi tersebut di perangkat berbasis Windows 10. Mereka mematok dana paling kecil minimal USD49 jika pengguna ingin mendapatkan akses terlebih dahulu. 

Luna Display memanfaatkan sebuah dongle kecil yang diinstal di perangkat PC. Dongle tersebut kemudian bisa menghubungkan perangkat komputer pengguna dengan iPad secara wireless menggunakan jaringan Wifi. Namun sebagai alternatif, pengguna juga bisa menggunakan kabel untuk menghubungkan.

Ketika terhubung, Luna Display akan bekerja layaknya monitor kedua. Pengguna bisa memindahkan aplikasi di antara kedua monitor aktif, berinteraksi dengan layar sentuh iPad, dan bahkan menggunakan fitur pensil Apple untuk menggambar di aplikasi Windows.

Luna Display Aplikasi Windows 10

Luna Display Aplikasi Windows 10

Selama ini Luna Display telah mendapatkan rating dan ulasan yang bagus di iMore dari sejumlah pengguna dan para pengamat. Kemungkinan besar, hal yang sama juga akan didapatkan ketika aplikasi tersebut benar-benar hadir di perangkat Windows. 

Luna Display ini sangat cocok untuk mereka yang sangat aktif dalam menggunakan perangkat komputer untuk bekerja. Terlebih bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan membuka tab dalam jumlah yang banyak. Apalagi, Windows hanya memungkinkan untuk melihat satu tab saja yang muncul di tampilan utama. Sehingga berpindah dari satu tab ke tab lainnya akan sangat sulit jika tanpa adanya monitor tambahan.

Proses instalasi aplikasi ini juga tergolong cukup mudah. Pengguna tinggal mencolokkan sebuah konektor usb di perangkat PC, dan membuka aplikasi untuk dihubungkan dengan iPad. 

Namun sayangnya, masih ada kekurangan yang ada pada aplikasi ini. Salah satunya adalah masalah klasik, lag. Saat menggerakkan kursor atau memindahkan tab maupun aplikasi, dalam beberapa kasus memunculkan sebuah efek blur dan terdapat jeda. Meski demikian, lag yang ada di Luna Display masih lebih baik jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend