• Our Partners:

Jenis-Jenis Alat Musik dan Contohnya

Kenali Jenis-Jenis Alat Musik dan Contohnya, Sudah Tahu?

Hidup akan terasa sangat hampa apabila tidak ada musik didalamnya. Tentu saja, musik bisa tercipta melalui alat yang bernama alat musik. Dalam memainkannya, pemain alat musik harus menggunakan tangga nada, chord dan perasaan yang tepat.

Jika tidak, maka emosi yang ingin disalurkan kepada pendengar tentu tidak akan terdengar. Permainan alat musik hanya akan menjadi permainan biasa apabila tidak ada emosi di dalamnya. Ada banyak sekali jenis alat musik di dunia ini dan bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Alat Musik dan Contohnya

Dari cara memainkannya, ada lima jenis alat musik, yakni alat musik pukul, tiup, petik, gesek dan sentuh. Untuk lebih mengenalinya, berikut ini adalah penjelasan yang rinci.

1. Alat Musik Pukul

Alat musik pukul adalah jenis yang pertama. Alat musik pukul ini dimainkan dengan cara dipukul. Ada dua jenis alat musik pukul, yakni yang dipukul dengan benda lain berupa stik dan bisa juga dengan tangan.

Contoh alat musik pukul yang menggunakan stik adalah drum, sedangkan yang dipukul dengan tangan adalah gendang. Alat musik pukul biasanya tidak memiliki tangga nada dan kunci khusus. Nada-nada yang dimiliki oleh alat musik ini biasanya hanya digunakan untuk melengkapi alat musik utama seperti gitar atau bass.

Dalam sebuah pertunjukan, alat musik pukul akan dimainkan di bagian belakang atau mengikuti irama alat musik lainnya. Apabila alat musik pukul dimainkan di depan, maka akan terjadi ketimpangan dan tidak lagi selaras. Alat musik pukul bisa dibagi menjadi dua macam yakni:

1. Alat musik pukul bernada

Meski menjadi pengiring, ada juga jenis alat musih pukul yang memiliki tangga nada. Beberapa diantaranya adalah xylophone dan vibraphone.

2. Alat musik pukul tidak bernada

Biasanya jenis alat musik pukul tidak bernada ini akan menjadi pengiring utama. Suaranya akan mendominasi tapi tidak tumpang tindih dengan suara alat musik lainnya. Alat musik ini juga sering menjadi penanda dimulainya sesuatu atau sejenisnya. Contoh dari alat musik pukul yang tidak bernada adalah drum set dan gong.

2. Alat Musik Tiup

Jenis alat musik kedua yang perlu Anda ketahui adalah alat musik tiup. Yang dimaksud dengan alat musik tiup adalah jenis alat yang cara memainkannya dilakukan dengan ditiup. Semua alat musik tiup memiliki lubang-lubang tuts di bagian badannya. Suara akan berasal dari lubang tersebut. Apabila beberapa lubang ditutup, hasil nada yang dihasilkan tidak akan sama. Beberapa contoh dari alat musik tiup adalah pianika, terompet dan seruling.

Jika Anda lihat di badan seruling, maka Anda akan melihat lubang-lubang disana. Anda juga akan melihat lubang tempat meniup di bagian atas. Dengan lubang-lubang inilah seruling menghasilkan nada. Alat musik tiup juga mampu menghasilkan nada tinggi maupun rendah, sama seperti jenis alat musik lainnya.

3. Alat Musik Petik

Mungkin jenis alat musik inilah yang paling Anda kenal. Alat musik petik adalah sebuah alat yang cara memainkannya dengan di petik. Biasanya, alat musik petik akan memiliki beberapa senar panjang. Senar ini akan menghasilkan hasil bila ada kotak kosong dibawahnya.

Sebagai contoh, Anda bisa melihatnya di bass. Bass memiliki 4 buah senar panjang dengan satu kotak resonansi di bagian bawahnya. Jika senar dipetik, maka akan menghasilkan sebuah nada. Jika senar lain dipetik di bagian yang sama, maka nada yang dihasilkan akan berbeda dengan sebelumnya. Begitu pula kalau Anda menekan beberapa bagian yang ada dalam bass. Itu dia yang menyebabkan alat musik petik biasanya memiliki kunci tersendiri.

Alat musik petik cukup populer di masyarakat dan dianggap sebagai salah satu alat musik yang mudah untuk dipelajari. Dibutuhkan kecekatan yang cukup agar bisa mahir memainkan alat musik petik. Beberapa alat musik petik biasanya dicampurkan dengan energi listrik, sehingga bisa lebih kencang suaranya. Karena itulah, alat musik petik elektrik akan mampu menghasilkan nada yang lebih tinggi dibandingkan seharusnya. Band yang tampil diatas panggung biasanya akan menggunakan jenis alat musik ini.

4. Alat Musik Gesek

Jenis alat musik ketiga yang harus Anda ketahui adalah alat musik gesek. Alat musik gesek ini biasanya menggunakan tongkat panjang berisi senar yang tugasnya untuk menggesek senar lain. Sama seperti alat musik petik, biasanya alat musik gesek memiliki senar yang lebih dari satu. Conoh alat musik gesek yang biasanya digunakan adalah biola dan cello.

Biola dan cello memiliki suara yang sangat klasik dan bisa menyentuh hati. Biasanya, alat musik gesek digunakan untuk lagu-lagu yang sedih dan menyayat hati. Orang yang menjadi pemain alat musik gesek harus menggunakan perasaan saat memainkannya. Jika tidak, maka penonton tidak akan tersalurkan emosi yang sama. Ada teknik-teknik khusus yang harus dikuasai oleh seorang pemain sebelum memainkan alat musik gesek.

Alat musik ini biasanya tidak digunakan sebagai alat musik utama, melainkan sebuah pelengkap. Biasanya, biola atau cello akan digabungkan dalam sebuah orkestra. Hal ini tentu akan membuat harmoni yang sempurna.

5. Alat Musik Sentuh

Jenis alat musik terakhir adalah alat musik sentuh. Alat ini cara memainkannya cukup dengan disentuh atau ditekan saja. Beberapa contoh alat musik sentuh adalah piano dan keyboard. Ala musik jenis ini biasanya digunakan di acara besar. Jika alat musik gesek dan petik menggunakan senar untuk menghasilkan suara, maka alat musik sentuh ini menggunakan tuts untuk menghasilkan suara.

Contohnya saja tuts yang ada di piano. Saat melihat piano, maka Anda akan melihat ada tuts berwarna hitam dan putih. Tuts berwarna hitam itu bisa menghasilkan nada unik yang tidak mampu dihasilkan oleh alat musik lainnya. Karena itulah piano maupun alat musik sentuh lainnya digabungkan dengan alat lain sehingga bisa menimbulkan suara harmoni yang indah.

Itu dia 5 jenis alat musik jika digolongkan dari cara memainkannya. Selain dari cara memainkannya, alat musik juga bisa dibedakan menjadi tiga berdasarkan fungsinya. Ketiganya adalah alat musik melodis, ritmis dan harmonis. Yang dimaksud alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki fungsi untuk menghasilkan nada dan melodi. Biasanya jenis alat musik ini memiliki nada yang sangat rendah dan membawa aura sedih.

Sedangkan yang dimaksud dengan alat musik ritmis adalah alat yang berfungsi membangun irama atau ritme dalam sebuah pertunjukan. Biasanya alat musik jenis ini akan mudah membuat kita berdendang saat mendengarnya. Contohnya adalah drum set dan ketipung. Jenis yang terakhir adalah alat musik harmonis. Alat musik harmonis adalah alat musik yang memiliki tujuan menghasilkan paduan nada yang indah, seperti gitar dan piano. Anda tentu harus mengetahui hal-hal ini terklebih dahulu sebelum memiliki keinginan untuk memainkan sebuah alat musik.

Leave a Reply