15 Jenis-Jenis Ayam dan Ciri Khasnya Beserta Penjelasannya, Yuk Disimak!

Ayam adalah salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara. Ada orang yang memelihara ayam untuk diadu, ada juga yang memang dijadikan hewan ternak.

Beberapa diantaranya bahkan memelihara ayam hanya untuk disayang dan menjadi ayam hias saja. Ada banyak sekali jenis ayam di dunia ini. 15 diantaranya tentu harus Anda ketahui.

Jenis-Jenis Ayam dan Ciri Khasnya

Berikut ini adalah 15 jenis ayam dan ciri khasnya masing-masing:

1. Ayam Cochin

Jenis-Jenis Ayam Cochin

Jenis ayam pertama yang akan dibahas adalah ayam cochin. Ciri khas yang paling terlihat dari ayam cochin adalah banyaknya bulu yang ada di bagian kakinya. Ayam ini awalnya adalah ayam dari China, tapi orang-orang yang mengembangbiakkannya ada di seluruh dunia. Ayam ini bisa mencari makan sendiri dan tidak terlalu sulit untuk merawatnya.

2. Ayam Hutan Kelabu

Ayam ini memiliki nama lain Gallus Sonneratii. Ayam hutan kelabu jantan pada umumnya memiliki panjang sekitar 80 cm. Ia memiliki bulu leher dan tengkuk yang berbintik hitam putih. Bagian kakinya memiliki warna antara kuning kemerahan yang terang. Beberapa jenis ayam hutan kelabu memiliki ekor berwarna hitam keunguan.

3. Ayam Kapas

Ayam Kapas

Jenis ayam ketiga adalah ayam kapas. Kalau sekilas dilihat, Anda tidak akan menyangka bahwa hewan ini adalah ayam. Bulunya yang seputih kapas membuat ia sekilas tampak seperti anjing pudel. Tidak diketahui dengan jelas darimana ayam ini berasal, tapi ia diperkirakan berasal dari cina. Ia memiliki jambul yang mengarah ke bagian belakang tubuh.

4. Ayam Randah Batu

Ayam Randah Batu adalah ayam asli dari Indonesia, tepatnya dari Sumatera Barat. Ayam ini masih ada dalam satu famili yang sama dengan ayam kate. Ciri khas yang paling menonjol adalah ruas jarinya yang pendek. Meski ruas jarinya pendek, ayam randah batu memiliki lingkar kaki yang cukup besar. Ayam ini biasanya dijadikan peliharaan, karena termasuk ayam yang memiliki bulu bagus.

5. Ayam Orpington

Ayam Orpington

Ayam Orpington adalah jenis ayam kelima. Ayam ini adalah hasil persilangan dari ayam plymouth rock dan minorca. Ayam ini memiliki ciri khas badannya yang bongsor dan kemampuannya untuk cepat menghasilkan telur. Ia juga memiliki bulu yang tampak sangat halus. Karena ayam ini adalah hasil persilangan yang berhasil, ayam orpington menjadi mudah berkembang biak.

6. Ayam Leghorn

Ayam Leghorn adalah salah satu ayam dari luar negeri, tepatnya dari Italia. Nama lain dari ayam ini adalah livorno atau livornese. Ciri khas yang menonjol dari ayam ini adalah warnanya yang putih bersih. Meski demikian, tidak semua ayam leghorn memiliki warna putih. Tapi apapun warna ayam leghorn, ia selalu tampak bersih.

7. Ayam Hutan Merah

Jenis-Jenis Ayam Hutan Merah

Ayam Hutan Merah juga termasuk dalam salah satu ayam asli dari hutan Indonesia. Bobotnya cukup ringan, ayam jantan biasanya hanya 700 gram, sedangkan ayam betina hanya 400 gram. Ayam ini sering dijadikan ayam peliharaan dirumah.

8. Ayam Hutan Hijau

Jika ada ayam hutan merah, maka jenis ayam yang selanjutnya adalah ayam hutan hijau. Ia cukup berat untuk ukuran ayam, karena bisa memiliki bobot antara 0,7 kg hingga 1,5 kg. Ia memiliki bulu ekor yang melengkung dan berwarna gelap.

Suara kokoknya juga berbeda dari ayam jenis lainnya. Ayam hutan hijau memiliki bulu leher yang kecil, tidak panjang seperti ayam lainnya. ia juga memiliki bulu yang mengkilap sehingga cukup mudah untuk mengidentifikasinya.

9. Ayam Kate

Ayam Kate

Nama ayam yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Ayam kate adalah salah satu ayam kampung yang sering dilihat di pemukiman warga. Ayam kate memiliki ciri khas tubuhnya yang kecil.

Meski demikian, ayam kate memiliki bulu yang sangat indah dan juga cara berjalan khas. Ada banyak sekali jenis ayam kate yang ada di Indonesia, mulai dari ayam kate lokal, Bangkok, emas, cochin hingga kaki pedang. Ayam kate ini juga suka untuk berkokok.

10. Ayam Hutan Sri Lanka

Ayam hutan Sri Lanka sering juga disebut dengan nama ayam hutan ceylon. Ia masih berasal dar keluarga ayam hutan liar. Ayam ini memiliki perpaduan bulu yang sangat indah. Selain itu, ekornya juga cukup panjang dan menyatu dengan baik.

11. Ayam Cemani

Jenis-Jenis Ayam Cemani

Jenis ayam kesebelas adalah ayam cemani. Ayam cemani merupakan salah satu ayam yang berasal dari Indonesia. Berbeda dengan jenis ayam lainnya, ayam cemani hanya memiliki warna hitam saja.

Seluruh tubuh, mulai paruh, kaki hingga bulunya semua berwarna hitam. Beberapa orang percaya bahwa ayam cemani bisa digunakan untuk menyembuhkan jenis penyakit ghaib. Banyak juga yang menjadikan ayam cemani sebagai ayam hias.

12. Ayam Balenggek

Ayam balenggek adalah salah satu ayam asli Indonesia yang berasal dari wilayah Sumatera Barat. Dalam bahasa minang, balenggek memiliki arti irama yang bertingkat. Ciri khas ayam ini terletak pada kokoknya.

Ayam balenggek mampu menggunakan 3 sampai 12 tingkat lenggek kokok. Ada tiga jenis ayam balenggek, yakni Yungkilok Gadang, Ratiah dan juga Randah Batu. Ayam-ayam tersebut dikelompokkan berdasarkan bentu fisiknya. Banyak orang yang betah untuk mendengarkan kokokkan dari ayam balenggek ini.

13. Ayam Phoenix

Jenis-Jenis Ayam Phoenix

Ayam ini memiliki ciri khas sama seperti burung Phoenix, yakni memiliki ekor yang panjang. Bulu dari ekor ayam phoenix bisa mencapai 12 sampai 27 cm. Ayam ini awalnya berasal dari Jepang, tapi dikembangkan lebih lanjut oleh orang Jerman.

Ayam yang satu ini sangat suka bergerak. Orang yang ingin memelihara ayam phoenix tentunya harus menyiapkan makanan berprotein tinggi untuknya. Ekor ayam phoenix hanya bisa tumbuh dengan baik apabila memiliki banyak kandungan protein.

14. Ayam Pelung

Tentu Anda sudah cukup sering melihat jenis ayam yang satu ini. Ayam Pelung adalah ayam asli dari Indonesia. Ia memiliki badan yang cukup besar dan tegap. Ayam ini dinamakan ayam pelung karena bagian temboloknya terlihat sangat menonjol.

Ayam ini memang memiliki kemiripan fisik dengan ayam kampung, tapi ukuran tubuhnya lebih besar. Ayam pelung lebih banyak yang jantan, karena beberapa ayam pelung betina mudah mati. Ukuran jengger dari ayam pelung juga cukup berbeda dari ayam lainnya

15. Ayam Plymouth Rock

Jenis-Jenis Ayam Rock

Jenis ayam terakhir yang harus Anda ketahui adalah Ayam Plymouth Rock. Ayam Plymouth Rock biasa disebut dengan ayam bareed rock. Ayam ini adalah salah satu induk persilangan dari ayam orpington.

Ayam ini sering dimanfaatkan telur dan dagingnya oleh manusia. Ia memiliki warna bulu yang hanya hitam dan putih. Ayam ini berasal dari Amerika. Selain orpington, ayam ini juga sudah banyak disilangkan dan menghasilkan jenis ayam lain. Jenis ayam yang sudah menjadi hasil dari persilangan plymouth rock adalah white rock, blue plymouth rock dan buff.

Itu dia beberapa jenis ayam yang harus Anda ketahui. Masih ada banyak jenis ayam selain yang diatas, seperti ayam brahma, ayam batik, ayam polish dan yang lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend