Kecepatan Jaringan 5G Apple Kalah Dengan Android

Kecepatan 5G Smartphone Apple Masih Kalah Dengan Android

NESABAMEDIA.COMMenurut laporan terbaru dari perusahaan analisa jaringan mobile Opensignal, perangkat smartphone Android mampu mengalahkan perangkat iPhone dengan sangat gamblang dalam hal kecepatan pengunduhan di jaringan 5G. Pengujian ini dilakukan di jaringan 5G di Amerika. Seri iPhone 12 yang merupakan kloter pertama dari smartphone Apple yang mendukung jaringan 5G, berada di belakang smartphone Android yang mendukung jaringan 5G yang ada saat ini. 

Smartphone Samsung Galaxy S21 5G yang baru saja dirilis, menawarkan kecepatan tertinggi rata-rata sebesar 56.0 Mbps dalam pengujian yang dilakukan Opensignal. TCL Revvl 5G dan OnePlus 8T Plus menawarkan kecepatan rata-rata sebesar 49.0Mbps dan 49.3Mbps. Smartphone lainnya yang berada dalam jajaran 10 besar itu juga terdapat nama Galaxy S21 Plus dan S21 Ultra. 

Secara keseluruhan, smartphone Samsung Galaxy merengkuh 60 persen dari 25 besar dalam pengujian Opensignal itu. Meski ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa, namun sebagian besar dikarenakan fakta bahwa Samsung meluncurkan terlalu banyak smartphone setiap tahun dibandingkan para kompetitornya. OnePlus, LG dan Google hanya merilis sedikit smartphone setiap tahun, sementara Samsung merilis banyak sekali produk di setiap pasar yang ada. 

Sayangnya, tidak ada smartphone terbaru dari Apple yang masuk dalam daftar teratas. Dari keempat model iPhone 12, hanya model iPhone 12 Pro yang menawarkan kecepatan unduhan rata-rata sebesar 36.9Mbps. Masih berada di bawah kecepatan Galaxy A51 5G yang mencapai 38.6Mbps, yang merupakan smartphone kelas menengah yang diluncurkan pada bulan April tahun lalu. Perlu dicatat juga bahwa semua model iPhone 12 sebenarnya mendukung teknologi mmWave 5G yang diklaim sangat cepat. 

Dari laporan itu, Apple juga berada di belakang Samsung, OnePlus, LG dan Google dalam hal kecepatan untuk jaringan 4G. Smartphone Apple itu menawarkan kecepatan rata-rata 4G sebesar 18.9Mbps. Sementara pesaingnya Samsung sebesar 34.0Mbps, OnePlus 38.4Mbps, LG 28.9Mbps dan Google 38.6Mbps. 

Namun meski demikian, Apple mampu mencatatkan peningkatan yang cukup signifikan dalam kecepatan unduhan dari teknologi 4G ke 5G. Tercatat, terjadi peningkatan sebanyak 2.3 kali lipat dari rata-rata kecepatan 4G-nya. Sementara para kompetitornya yakni Samsung mengalami peningkatan sebesar 1.6 kali, OnePlus 1.4 kali, LG 1.7 kali dan Google 1.4 kali lipat. 

Leave a Reply

Send this to a friend