10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows yang Perlu Anda Ketahui

Anda pasti sudah mengenal yang namanya Microsoft Windows, kan? Atau bahkan mungkin Anda telah menggunakan sistem operasi yang satu ini. Memang benar bahwasanya microsoft windows adalah sistem operasi yang sering dipakai oleh sebagian masyarakat di dunia. Karena microsoft windows dinilai cukup user friendly dan sangat mudah untuk di gunakan.

Microsoft windows adalah salah satu perkembangan sistem operasi besutan perusahaan terkemuka Microsoft, Microsoft Windows pun bersaing dengan sistem operasi lainnya yakni seperti Mac, Linux, bahkan juga Android. Pada saat ini Microsoft Windows adalah sistem operasi yang telah banyak diinstal oleh sebagian masyarakat di dunia untuk berbagai kepentingan.

Ciri-ciri yang mencolok dari Microsoft Windows yaitu logo yang berbentuk seperti sebuah jendela yang tengah berkibar, dan memiliki warna dasar yaitu warna biru. Semakin bertambahnya waktu dari dulu hingga sekarang, Microsoft Windows memiliki banyak sekali generasi. Dari kenerasi yang pertama hingga yang terakhir. Generasi Microsoft Windows yang terakhir kini yaitu Microsoft Windows 10. Windows 10 ini sering dikatakan sebagai sistem operasi yang disebut-sebut sebagai sistem operasi Windows yang paling baik diantaranya.

kelebihan dan kekurangan Microsoft Windows

Walaupun begitu, Microsoft Windows juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti yang kita ketahui salah satu kelebihan dari Microsoft Windows yaitu mudah untuk digunakan. Sedangkan kekurangannya yang paling mencolok yaitu harganya yang begitu mahal. Selain dari pada itu, banyak kelebihan dan kekurangan lainnya yang ada pada Microsoft Windows. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan Microsoft Windows:

Kelebihan Microsoft Windows

kelebihan dan kekurangan Microsoft Windows

Pastinya dari berbagai sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan Microsoft Windows, sistem operasi ini juga dikenal banyak memilliki kelebihan yang membuat sebagian masyarakat di dunia menginstall sistem operasi ini di perangkat komputer mereka. Dan berikut kelebihan dari sistem operasi Microsoft Windows :

1. Mendapat dukungan dari berbagai Programmer IT yang ada di dunia

Salah satu kelebihan dari Microsoft Windows yaitu banyaknya mendapat dukungan dari berbagai programmer IT yang ada di dunia. Hal ini membuat banyak sekali programmer IT yang memahami jenis dari sistem operasi Microsoft Windows. Dan hal itu juga yang membuat Microsoft Windows lebih mudah dan gampang untuk diperbaiki dan dikembangkan apabila terjadi error pada sistem operasinya.

Beda dari berbagai sistem operasi Windows, sistem operasi lainnya sangat sulit diperbaiki dan dikembangkan oleh programmer IT karena sedikit programmer IT yang mengerti dan memahami sistem operasi lainnya tersebut. Sehingga membuat para programmer IT tidak paham menggunakannya sebagai superuser.

2. Banyak di Support oleh berbagai hardware dari jaringan komputer

Kelebihan ini lah yang membuat Microsoft Windows paling banyak di install oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Karena Microsoft Windows sangat cocok pada berbagai jenis hardware pada jaringan komputer, dan membuatt banyak pengguna yang dapat lebih puas ketika menggunakannya, walaupun jenis-jenis dari jaringan komputer yang digunakan tersebut berbeda-beda.

3. Interfacenya sangat User Friendly

Seperti yang sudah dikatakan diawal, Microsoft Windows memiliki tampilan atau interface yang sangat User Friendly, hal itu juga yang membuat Microsoft Windows sangat mudah untuk dioperasikan dan digunakan oleh banyak orang.

Banyak fitur-fitur yang dengan sengaja dibuat untuk dapat mempermudah pengguna ketika menggunakan sebuah komputer, dari berbagai jenis tools-tools itu lah yang bisa digunakan untuk dapat memecahkan permasalahan yang ada di dalam Microsoft Windows.

4. Banyak pilihan dari berbagai aplikasi

Dikarenakan banyaknya aplikasi yang sangat kompetibel dengan sistem operasi Microsoft Windows, membuat user tidak perlu khawatir lagi untuk memilih sebuah aplikasi.

Ada banyak berbagai macam aplikasi yang kompotibel dengan Microsoft Windows ini, yaitu seperti Music player hingga pada aplikasi superuser yang bisa digunakan yang berguna untuk membuat sebuah program yang telah tersedia di platform Microsoft Windows. Dengan dangat kompetibel tersebut, banyak aplikasi-aplikasi yang sangat beragam jenis, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

5. Microsoft Windows memiliki fitur Troubleshooting

Fitur Troubleshooting ini dimiliki Sistem operasi Microsoft Windows. Fitur ini dapat digunakan untuk kamu bisa mencari sebuah inti dari permasalahan yang terjadi pada saat Anda tengah menjalankan sebuah Aplikasi.

Fitur ini juga dapat membantu Anda dalam mencarikan versi driver terbaru yang dilakukan secara online, dapat membantu ketika melakukan repair ketika sedang mengalami masalah corrupt, hingga dapat membantu ketika melakukan pengecekkan pada kompatibilitas pada sebuah aplikasi.

Kekurangan Microsoft Windows

kelebihan dan kekurangan Microsoft Windows

Selain memiliki kelebihan yang lumayan banyak membantu, tetapi Microsoft Windows juga memiliki berbagai Kekurangan. Dan berikut kekurangan-kekurangan dari sebuah sistem operasi Microsoft Windows :

1. Sangat perlu RAM yang besar

Tidak diherankan lagi kalau sebuah Sistem Operasi Windows akan memakan banyak dari ruang penyimpanan yang ada di dalam RAM. Hal itulah yang membuat seorang pengguna Sistem Operasi ini harus memiliki kapasitas dari penyimpanan RAM yang besar.

2. Keamanan yang kurang baik

Kekurangan utama dari sebuah sistem operasi Microsoft Windows yaitu sistem kemanannya yang kurang baik. Hal ini membuat banyak sekali para hacker yang bisa membuat sistem Microsoft Windows menjadi versi tiruan menggunakan sebuah crack. Maka dari itu apabila Anda yang menggunakan Microsoft Windows versi bajakan, sering kali komputer Anda mengalami banyak masalah hingga menjadi hang.

3. Sangat mudah terserang Virus

Selain itu, Microsoft Windows juga sangat mudah terserang virus. Hal itu dikarenakan banyaknya perkembangan virus yang semakin meningkat dan muncul pada sistem operasi ini yang akan mengaibatkan kenyamanan dari penggunanya menjadi terganggu. Maka dari itu, seorang pengguna sistem operasi Microsoft Windows harus memiliki Antivirus yang terbaik.

4. Harganya sangat mahal

Sebuah sistem operasi Microsoft Windows juga memiliki harga jual yang sangat mahal, terlebih lagi pada versi Home version dan Basic version. Jenis dari versi Microsoft Windows ini memiliki harga jual yang cukup tinggi dikarenakan sudah mencapai nilai yang jutaan.

Karena mahalnya produk Windows ini lah yang membuat banyaknya pembajakan yang ada di seluruh dunia. Karena pengguna tersebut tidak memiliki dana yang cukup untuk mendapatkan harga lisensinya.

5. Banyaknya Patch

Sebuah Servis pack atau yang sering dimaksudkan dengan teknik tambal sulam pada sebuah Microsoft ini memiliki sifat yang sangat mengganggu. Pasalnya para pengguna yang lupa atau kelewatan untuk menginstall atau mengunduhnya maka pada sistem operasi tersebut akan sangat mudah terjadi hal yang buruk seperti dalam sisi keamanan dan lain sebagainya.

Demikian dari berbagai kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem operasi Microsoft Windows. Apabila Anda pengguna microsoft Windows, sebaiknya Anda harus menginstall Antivirus terbaik agar terhindar dari segala kemungkinan yang terjadi.

Leave a Reply

Send this to a friend