10 Penyebab Komputer Sering Hang yang Sering Disepelekan!

Komputer yang sering mengalami hang biasanya sering mengalami kerusakan, baik itu kerusakan software maupun kerusakan hardware dan bahkan dari gangguan virus pun bisa juga membuat sebuah komputer menjadi hang.

Komputer pada saat sekarang ini juga telah mengalami banyak sekali perubahan. Ada banyak jenis dan bentuk dari sebuah komputer, seperti ada komputer yang memiliki desain yang elegan dan tipis tetapi memiliki spesifikasi yang sangat hebat.

penyebab komputer sering hang

Hal itu pun didukung oleh canggihnya teknologi jaringan pada saat ini, karena dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya, bahkan bisa juga menghubungkannya dengan perangkat smartphone. Tetapi walaupun demikian, komputer yang memiliki performa dan spesifikasi yang tinggi pun bisa mengalami hang. Dan berikut adalah penyebab komputer sering hang:

Penyebab Komputer Sering Hang

1. Banyaknya Cache Registry

Cache registry adalah sisa-sisa dari memory yang telah digunakan oleh perangkat lunak untuk bisa berjalan di sebuah komputer. Umumnya beberapa dari cache registry tersebut ada yang sangat memberatkan, hal itu membuat penyebab munculnya masalah atau problem di dalam sebuah komputer hingga komputer tersebut sering menjadi hang.

2. Kinerja dari Processor Terlalu Berat

Terlalu beratnya kinerja dari sebuah processor adalah sebuah gangguan atau kerusakan hardware yang pertama. Seperti yang Anda ketahui, bahwasanya Processor merupakan sebuah otak dari komputer. Karena semua hal yang dilakukan oleh komputer pasti selalu menggunakan kecepatan dan kepintaran dari sebuah processor atau CPU.

Tetapi walaupun begitu, Processor seringkali mengalami overheat, hal itu dikarenakan processor telah bekerja terlalu berat. Hal ini lah yang membuat komputer seringkali mudah mengalami hang. Dan selain itu, komputer Anda pun rentan menjadi panas.

3. Adanya Gangguan Pada Sistem Operasi

Gangguan pada sistem operasi juga merupakan salah satu hal yang membuat komputer menjadi sering Hang. Dan kerusakan-kerusakan dari sistem operasi itu seringkali dikarenakan oleh virus dan juga gangguan yang ada pada Harddisk.

Tidak hanya terjadi di sistem operasi Microsoft Windows, tetapi sistem operasi seperti Linux maupun Mac juga memiliki hal yang sama jika terjadinya hang karena gangguan pada sistem operasi.

4. Karena Adanya Virus

Seperti dibilang sebelumnya, salah satu penyebab yang paling umum sering terjadinya hang pada sebuah komputer yaitu karena adanya virus yang menjangkit sebuah komputer. Virus tersebut biasanya akan masuk ke dalam harddisk komputer tanpa kita sadari, contohnya saja seperti melalui hasil transfer file antar komputer, jaringan Internet maupun LAN, dapat masuk melalui Email, dan lain sebagainya.

Virus-virus tersebut bisa menyebabkan komputer kita menjadi hang dan lemot karena terlalu memberatkan sistem. Ada juga virus yang dapat menghilangkan file-file kita. yang akhirnya bisa menyebabkan komputer kita menjadi hang, apalagi kalau kita menjalankan sebuah perangkat lunak. Maka dari itu, Anda dapat melakukan scanning pada komputer Anda di setiap bulannya dengan menggunakan Antivirus yang terbaik.

5. Harddisk Penuh

Harddisk yang penuh pun dapat menyebabkan komputer menjadi hang dan lemot. Apalagi kalau harddisk tersebut menjadi satu dengan sistem operasi yang kita gunakan, itulah yang akan membuat komputer menjadi hang dan lemot.

Hal tersebut dikarenakan ruang penyimpanan yang dipakai sangatlah terbatas, yang akhirnya akan membuat sistem operasi tidak akan bisa bekerja secara optimal.

penyebab komputer sering hang

6. Spesifikasi Software yang Berat

Yang membuat komputer sering terjadi hang yaitu sepesifikasi dari sebuah software. Hal tersebut juga berkaitan dengan spesifikasi yang terdapat dari Hardware pada sebuah komputer.

Umumnya, spesifikasi pada sebuah software yang terlalu tinggi akan membuat komputer menjadi sangat sulit untuk menjalankan sebuah program yang ada. Dan jika dipaksa komputer akan mengalami hang dan sulit untuk dikendalikan.

Maka dari itu, untuk dapat menghindari hal tersebut, Anda harus menggunakan perangkat lunak atau software yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan komputer Anda dan Anda juga bisa melakukan upgrade pada hardware yang Anda gunakan.

7. RAM yang Kecil

Sebuah kapasitas RAM komputer adalah suatu hal yang sangat vital dan bisa menyebabkan komputer menjadi lemot dan hang. Biasnaya kapasitas RAM yang terlalu kecil bisa menyebabkan kemampuan untuk menyimpan dan membaca dari sebuah perangkat lunak yang sedang berjalan akan berkurang.

Efek yang terjadi juga bisa menyebabkan sebuah komputer mengalami lemot dan hang. Untuk itu, Anda dapat membersihkan file-file registry yang tengah berjalan pada RAM Anda dan juga Anda bisa melakukan upgrade pada RAM Anda.

8. Rusaknya Chipset

Dampak dari sebuah chipset yang rusak hampir mirip dengan kerusakan yang dialami sebuah processor atau CPU. Hal yang paling sering terjadi apabila chipset tersebut rusak yaitu komputer dapat mengalami hang dan tidak bisa lagi digunakan.

Solusi yang dapat Anda lakukan yaitu Anda dapat mengganti chipset dari perangkat komputer Anda, sehingga komputer Anda dapat berjalan secara normal seperti biasanya.

penyebab komputer sering hang

9. Penggunaan Browser

Percayakah Anda kalau penggunaan Browser pada sebuah komputer dapat mengakibatkan komputer menjadi hang? Terlebih lagi apabila Anda tengah melakukannya dengan menggunakan akses internet.

Hal itu dikarenakan sebuah browser akan mengkonsumsi memori yang sangat besar sekali. Dan apabila Anda mengeceknya kembali, Chrome, IE dan Mozilla merupakan software yang banyak mengkonsumsi memori pada komputer Anda. Sebuah browser mampu memakai lebih dari 3/4 memori yang akan dipakainya.

10. Kehilangan File

Penyebab komputer menjadi hang yang terakhir yaitu kehilangan sebuah file. Kehilangan sebuah file ini juga sering disebut dengan Missing File. Hal ini merupakan sebuah kondisi dimana satu file bahkan lebih yang berada di dalam sebuah perangkat lunak hilang dari direktori.

Kehilangan file itu dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu virus. Untuk itu, Anda harus mencari file yang hilang tersebut dan kemudian lakukan system recovery.

Demikianlah artikel mengenai penyebab komputer sering hang. Sebaiknya Anda harus menjauhi hal-hal yang diatas agar komputer Anda semakin awet untuk digunakan selanjutnya. Dan lakukan perawatan khusus pada komputer Anda ya !.

Leave a Reply

Send this to a friend