Apa itu Casing Komputer? Mengenal Pengertian Casing Komputer

Apa itu Casing Komputer? Mengenal Pengertian Casing Komputer

Apa itu casing komputer? Bagian yang satu ini tidak jarang kita abaikan ketika kita ingin merakit maupun membeli komputer. Meskipun komputer yang Anda miliki tersebut masih bisa menyala meskipun tanpa adanya casing, namun bukan berarti casing komputer tersebut tidak memiliki fungsi. Padahal peran casing tidak kalah penting namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Anda juga tidak bisa asal membeli casing komputer karena harus menyesuaikan kebutuhan. Misalnya Anda ingin merakit komputer untuk kebutuhan gaming, maka casing yang Anda beli juga harus sesuai dengan komputer yang Anda rakit tersebut. Itu artinya, Anda tidak bisa menggunakan casing standar karena berpotensi menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengertian Casing Komputer

Pengertian casing komputer

Casing komputer merupakan tempat atau rumah dari berbagai komponen perangkat keras atau hardware komputer. Beberapa komponen yang biasanya ada di dalam casing antara lain motherboard, DVD ROM, Power Supply, hard disk, dan lain sebagainya.

Dikarenakan fungsinya sebagai rumah, maka casing akan melindungi perangkat-perangkat tersebut dari berbagai masalah seperti kotoran, debu, benturan, dan lain sebagainya.

Sekadar informasi bahwa perangkat keras seperti motherboard dan RAM termasuk perangkat yang sensitif terhadap debu dan juga kotoran. Maka dari itu Anda perlu melindunginya dengan meletakkannya di dalam casing. Adanya casing tersebut juga bertujuan melindungi komponen-komponen tersebut dari benturan yang berpotensi mengakibatkan kerusakan karena biaya untuk memperbaiki atau bahkan menggantinya tidaklah murah.

Jenis-jenis Casing Komputer

Ada beberapa jenis casing komputer seperti yang kami sebutkan di bawah ini:

1. Casing Dekstop

Jenis casing yang pertama dinamakan casing dekstop. Casing jenis ini memiliki bentuk kotak dengan lebar mencapai 30 sampai 40 cm. Sementara untuk panjangnya yaitu 50 sampai dengan 60 cm.

Jenis casing ini biasanya diletkakan di bawah monitor namun casing ini tidak termasuk casing jadul. Hal ini karena sampai sekarang pun tidak sedikit orang yang menggunakannya. Hal ini karena ukurannya yang relatif lebih kecil sehingga tidak memakan banyak tempat.

2. Casing Tower

Di awal 2012, ada banyak orang yang menggunakan casing tower. Casing yang satu ini mempunyai ruang yang lebih besar sehingga membuat komponen di dalamnya tidak cepat panas. Selain itu, Anda juga lebih mudah dalam menambahkan komponen lainnya di dalam casing tersebut. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan casing tower.

3. Casing Mini ITX

Jenis casing yang ketiga ini merupakan sebuah model baru dengan desain lebih mantap. Setelah adanya casing tower, casing mini ITX selanjutnya hadir dan diperkenalkan dan banyak juga orang yang tertarik menggunakannya. Bahkan sampai sekarang pun masih ada orang yang menggunakan jenis casing mini ITX ini.

4. Casing Gaming

Di antara semua jenis casing, casing gaming merupakan casing yang memiliki ukuran serta ruangan yang lebih besar. Tentu saja karena bentunya yang menyesuaikan berbagai hardware yang ada di dalamnya. Casing ini pun juga tersusun secara rapi termasuk kabel-kabel yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Send this to a friend