Tim Cook Berbagi Kisah di Twitter untuk Kenang Steve Jobs

Kenang Steve Jobs, Tim Cook Ungkap Sang Pendiri Apple di Twitter

NESABAMEDIA.COM – Tim Cook telah mentweet di akun resmi Twitter miliknya untuk mengenang Steve Jobs, pada peringatan 9 tahun meninggalnya salah satu pendiri Apple, mengutip penyair dan aktivis hak sipil Maya Angelou.

“Jiwa yang agung tidak pernah mati. Itu menyatukan kita lagi dan lagi. ” – Maya Angelou. Anda selalu bersama kami Steve, ingatan Anda menghubungkan dan menginspirasi kami setiap hari.

Rekan pendiri, Steve Wozniak, mengembangkan komputer Apple I dan ingin memberikan rencana kepada orang lain untuk membuatnya sendiri. Steve Jobs malah membujuknya bahwa mereka harus membentuk perusahaan untuk menjualnya, menghasilkan apa yang kemudian dikenal sebagai Perusahaan Komputer Apple.

Hanya sekitar 200 komputer Apple I yang pernah terjual, dan Apple II pada awalnya tidak jauh lebih baik. Komputer tersebut berjuang untuk bersaing dengan Commodore PET dan Tandy TRS-80, dan Apple hanya menjual 600 mesin pada tahun 1977. ArsTechnica ingat bahwa itu adalah aplikasi bisnis awal yang mengubah kekayaan perusahaan.

Namun, yang benar-benar mengubah perusahaan adalah rilis “aplikasi pembunuh” yang pertama kali. Ini adalah VisiCalc, aplikasi spreadsheet asli, yang dirilis pada 1979. Penulis, Dan Bricklin, menulisnya untuk Apple hanya karena mesin itu, yang dipinjam dari penerbitnya Dan Fylstra, adalah satu-satunya yang tersedia.

Kombinasi pemasaran yang hebat dan bahkan keberuntungan yang lebih baik mendorong Apple [dari pesaing yang juga berlari menjadi pesaing yang serius. Pada tahun 1981 perusahaan menjual 210.000 unit, meninggalkan PET dalam debu dan hampir menyamai angka TRS-80.

Douglas Engelbart dan William English bersama-sama menemukan mouse dan pertama kali mendemonstrasikannya pada tahun 1968. Xerox PARC menggunakan karya perintis ini untuk mengembangkan komputer pribadi Alto dan Star dengan antarmuka pengguna grafis (GUI), tetapi tidak ada yang berhasil secara komersial. Steve Jobs-lah yang melihat potensi pendekatan untuk merevolusi komputasi pribadi dan mengubahnya menjadi perangkat pasar massal yang sesungguhnya. Dia membuat kesepakatan dengan PARC, menawarkan saham pra-IPO di Apple.

Upaya pertama Steve pada komputer berbasis GUI adalah Lisa, yang gagal karena terlalu mahal untuk dilihat diadopsi secara luas, tetapi menyebabkan Macintosh yang masih mahal tetapi jauh lebih terjangkau, diluncurkan pada tahun 1984.

Meskipun diterima dengan banyak pujian, Macintosh memiliki kesuksesan komersial yang terbatas karena perangkat lunak yang tersedia sangat terbatas pada saat itu. CEO saat itu John Sculley ingin Apple lebih memfokuskan upayanya pada Apple II, sementara Jobs ingin habis-habisan memasarkan Macintosh. Perselisihan itulah yang menyebabkan pertempuran terkenal antara keduanya – masing-masing mencoba untuk menyingkirkan yang lain – dan Steve mengundurkan diri pada tahun 1985 untuk membentuk NeXT.

Steve akhirnya kembali ke Apple pada tahun 1996, ketika perusahaan membeli NeXT dan NeXTSTEP OS menjadi dasar untuk Mac OS X. Steve sangat menyederhanakan jajaran Mac perusahaan yang berantakan, sebelum memimpinnya untuk pindah ke produk baru dengan iPod yang sangat sukses, yang mana juga merupakan pendahulu dari produk perusahaan yang paling sukses, iPhone.

Steve didiagnosis menderita kanker pankreas pada tahun 2003, ia mengungkapkannya kepada karyawan Apple setahun berikutnya. Dia Tim Cook untuk menjalankan perusahaan sebagai CEO bertindak dalam ketidakhadirannya, posisi menjadi permanen ketika Steve Jobs mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun 2011, menunjuk Cook sebagai penggantinya. Steve meninggal hanya enam minggu kemudian.

Apple membuat situs mikro ‘Remembering Steve‘ yang masih ada sampai sekarang. Lebih dari satu juta orang telah memposting untuk mengenang Steve Jobs.

Leave a Reply

Send this to a friend