• Our Partners:

Safely Remove Hardware USB Device

Ketika Pengguna Tak Lagi Harus Klik Safely Remove Hardware, Untuk Mencabut Perangkat USB

NESABAMEDIA.COMKebanyakan pengguna PC khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows apapun versinya, memilih untuk mengklik tombol “Safely Remove Hardware” atau “Eject” saat hendak mencabut USB Flash Drive. Semua sepakat, alasannya demi keamanan atau agar USB Flash Drive tidak rusak karena dianggap dicabut secara paksa. 

Namun mulai versi 1903, Windows akan secara otomatis mematikan write caching untuk USB Drives, sehingga pengguna tidak akan lagi menemukan tombol “Eject”, karena fitur itu tidak lagi dibutuhkan.

Pada tahun lalu, Microsoft memperkenalkan kebijakan baru di Windows 10 yang menginstruksikan sistem yang memungkinkan pengguna bisa melakukan remote pada perangkat tanpa harus menggunakan “Safely Remove Hardware” atau “Eject”. 

Meski secara default Windows mematikan fitur Write Caching, pengguna bisa mengaktifkannya kembali. Sehingga kemudian tombol Eject juga akan kembali muncul. 

Lebih lanjut, jika fitur Write Caching ini dinyalakan dan pengguna menghentikan proses transfer data sebelum prosesnya selesai, maka perangkat USB itu tetap akan menyimpan cache data, untuk bisa digunakan kembali ketika pengguna ingin menyelesaikannya di lain waktu.

Kemudian ketika tombol Eject dipilih, maka Windows akan menginstruksikan perangkat USB untuk segera menyelesaikan proses caching, dan kemudian membuang data yang sebelumnya dijadikan cache.

Adapun mengaktifkan fitur Write Caching ini memiliki kelebihan tersendiri. Khususnya dalam hal pemindahan data dari perangkat USB ke Hardisk PC dan sebaliknya. Jika fitur Write Caching diaktifkan, maka pengguna bisa mendapatkan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat, dibandingkan ketika fitur Write Caching dimatikan. 

Pengaktifan fitur Write Caching ini bisa dilakukan dengan membuka halaman Disk Management. Klik kanan pada icon Windows / Start Menu. Kemudian pilih bagian properties di USB drive, dan pilih “Better Performance”. 

Salah satu kekurangan terbesar dari mengaktifkan fitur ini adalah, jika mencabut USB Drive tanpa mengklik tombol “Eject” atau “Safely Remove Hardware”, maka resiko kerusakan pada USB Drive akan sangat tinggi. Karena masih adanya proses berjalan dan caching yang sedang dilakukan oleh USB Drive

Namun, mengaktifkan fitur ini sangat disarankan jika anda hendak mentransfer file dalam jumlah besar seperti file video, gambar atau data lainnya ke Hardisk External.

Leave a Reply

Send this to a friend