• Our Partners:

Aplikasi Skype Windows Video Conference

Pengguna Windows 10 Bakal Bisa Jalankan Video Conference Langsung dari Taskbar

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini tengah menyiapkan serangkaian uji coba fitur baru di Windows 10 berupa integrasi aplikasi video conference yang bisa digunakan secara langsung dari bagian taskbar. Fitur ini rencananya akan dirilis bersamaan dengan Windows 10 Preview Build 20211. Nantinya akan ditambahkan icon di bagian taskbar, yang memungkinkan pengguna bergabung atau membuka aplikasi video meeting Skype Meet Now.

Meet Now memungkinkan pengguna aplikasi Skype untuk membuat sebuah “ruang kolaborasi” yang bisa diakses pengguna lain dengan menggunakan tautan khusus, entah mereka memiliki akun Skype atau tidak. Ketika sudah masuk dalam “ruang kolaborasi” itu, pengguna bisa melakukan chat dengan text atau panggilan suara dan video. 

Dengan kata lain, pengguna yang mengklik icon tersebut, akan mengaktifkan aplikasi Skype atau diarahkan ke versi web-nya.

Sejak adanya wabah pandemi menyerang, aplikasi video conference di perangkat PC berbasis Windows maupun aplikasi Mobile, yang memungkinkan adanya peserta dalam jumlah banyak, mengalami peningkatan penggunaan secara drastis. Salah satu aplikasi yang menjadi top gainer adalah Zoom. 

Pendapatan Zoom pada kuartal kedua tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 355 persen, dengan total nilai pendapatan mencapai USD663.5 juta. Diketahui jumlah penggunanya hingga saat ini tercatat sebanyak 370.200 orang, meningkat sekitar 458 persen sejak tahun lalu.

Dengan langkah penyederhanaan dan kemudahan dalam membuka aplikasi video conference, Microsoft berharap pihaknya bisa mengalahkan dominasi dari Zoom tersebut. 

Namun langkah integrasi aplikasi Skype dengan Windows 10 itu, cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Microsoft sendiri juga memiliki aplikasi khusus video conference yang baru mereka luncurkan pada tahun ini, yakni Microsoft Teams. 

Di sisi lain, Skype sendiri rencananya akan dilebur ke Microsoft Teams, dan layanan Skype for Business akan diberhentikan mulai Juli tahun depan. Kemudian, sejak September tahun lalu juga pengguna Microsoft 365 dialihkan ke Microsoft Teams.

Sementara itu Microsoft belum memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai masalah ini. Apakah layanan Skype akan kembali diprioritaskan atau ke depannya, langkah integrasi ini akan diganti dengan Microsoft Teams yang jauh lebih relevan. 

Leave a Reply

Send this to a friend