Cetus Smartphone Lipat Xiaomi di MIUI 12

Kode di MIUI 12, Ungkap Xiaomi Bakal Produksi Smartphone Lipat Berkode Cetus

NESABAMEDIA.COMXiaomi – Smartphone lipat atau foldables, rupanya kembali meningkat popularitasnya dalam kurun waktu dua tahun belakangan. Kita telah mengalami kehadiran smartphone lipat generasi pertama dari pabrikan ternama seperti Samsung. 

Generasi kedua juga hadir smartphone lipat buatan brand yang sama namun dengan banyak perbaikan dari generasi pertamanya, seperti Galaxy Z Fold 2. Dan tahun 2021 yang sudah ada di depan mata, diperkirakan akan lebih banyak smartphone lipat yang akan hadir. Sepertinya Xiaomi akan ikut ambil bagian dalam pesta ini. 

Tim dari XDA menemukan sebuah kode yang ada di MIUI 12 yang mengindikasikan bahwa Xiaomi tengah berupaya menghadirkan smartphone lipat. Lebih lanjut, proyek itu diberi sandi “Cetus”. 

Kode tersebut ditemukan pada MIUI 12 versi close Beta untuk pasar Cina yang ditujukan untuk perangkat Xiaomi Mi 10 Pro. Dalam kode tersebut ditemukan juga petunjuk lebih banyak mengenai perangkat dan juga spesifikasi-nya

Cetus kemungkinan besar merupakan smartphone lipat, di mana dalam kode itu terpampang kode dengan kesalahan tipografi “IsFlodAbleDevice” yang lebih merujuk pada kode “IsFoldAbleDevice.” Terdapat juga kode-kode lainnya yang mendukung, seperti bentuk layar yang disebutkan bisa dilipat, sehingga bisa dijadikan bukti kuat untuk klaim tersebut.

Lebih lanjut, Cetus nantinya akan menggunakan MIUI dengan Android 11. Kemudian smartphone itu juga akan didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon serta dukungan kamera utama 108MP.

Sayangnya informasi yang bisa diambil dari kode yang bocor itu tidak bisa memberikan banyak petunjuk mengenai smartphone lipat Cetus itu. Bagaimana dengan jenis teknologi layar lipatnya, mekanikal pada pelipatannya, atau jenis dan seri prosesor Qualcomm yang digunakan. 

Akan tetapi jika memungkinkan untuk memberikan tebakan, kemungkinan besar prosesor yang akan digunakan adalah chipset Qualcomm Snapdragon seri 8XX flagship. Sehingga prosesor itu bisa mendukung dengan baik teknologi lipat yang digunakan untuk lebih bisa menjustifikasi bahwa smartphone itu adalah kelas premium. 

Sebagai informasi, Cetus bukanlah proyek smartphone lipat pertama yang dikerjakan oleh Xiaomi. Sebelumnya, pabrikan asal Cina itu telah beberapa kali melakukan uji coba dengan smartphone lipat, namun hingga saat ini tidak pernah ada perwujudan atau informasi lebih lanjut soal proyek-proyek tersebut. 

Bahkan, bisa saja proyek Cetus ini seperti proyek-proyek sebelumnya yang tidak akan dirilis untuk dijual ke konsumen. Namun di sisi lain yang bisa dijadikan harapan adalah bahwa Samsung telah memasuki proyek generasi ketiga smartphone lipatnya, dan Xiaomi cepat atau lambat akan mengikuti langkah yang diambil Samsung itu.

Leave a Reply

Send this to a friend