Windows 10 Lock Screen Fitur Baru

Kustomisasi Lock Screen Dengan Gambar Animasi Akan Hadir di Windows 10

NESABAMEDIA.COMPekan lalu Microsoft telah merilis pembaruan Windows 10 di kanal developer dengan dukungan untuk aplikasi ARM. Kini berita yang baru saja masuk, telah mengungkap informasi baru bahwa dukungan aplikasi ARM itu hanya tersedia untuk para pengembang saja. Berdasarkan bocoran yang ada, pilihan kustomisasi baru untuk halaman lock screen akan segera hadir di Windows 10.

Bukti dari fitur kustomisasi lock screen di Windows 10 ini ditemukan dalam sebuah pengaturan pilihan di sistem administrasi yang terdapat para pembaruan build 21277. Dalam pengaturan itu terungkap pilihan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pergerakan latar belakang dari lock screen Windows. 

Sebuah gambar yang dibagikan oleh akun bernama Tero Alhonen menunjukkan sejumlah deskripsi dari fitur baru tersebut. Nantinya, pengaturan itu akan membuat gambar latar belakang dianimasikan sesuai dengan pergerakan dari layar tablet atau komputer. Oleh karena itu, fitur ini hanya akan berfungsi pada perangkat yang memiliki sensor akselerometer untuk dapat mendeteksi pergerakan tersebut. 

Dari tampilan di atas diketahui adanya perintah yang bertuliskan “Prevent Lock Screen Background Motion”, di sampingnya terdapat dua tombol yakni Previous dan Next Settings. 

Di bawahnya terdapat opsi untuk mengaktifkan dan mematikan fitur tersebut, termasuk informasi bahwa fitur ini hanya akan didukung oleh perangkat dengan sistem operasi minimal Windows 10.

Untuk saat ini fitur baru tersebut masih belum aktif di sistem, dikarenakan juga belum ada konfigurasi yang memungkinkan fitur itu untuk bisa diaktifkan. Namun sangat besar kemungkinan bahwa Microsoft akan merilis fitur baru itu di waktu mendatang. Pasalnya, opsi pilihan untuk sistem administrasi guna mengatur fitur tersebut telah tersedia.

Sementara itu di pihak lain, fitur tersebut akan jauh lebih menarik apabila Microsoft juga mengaktifkan animasi gambar berdasarkan pergerakan dari mouse. Jadi tidak hanya terbatas pada gerakan layar tablet atau monitor komputer saja. 

Pasalnya, selama ini sebagian besar dari perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows tidak memiliki sensor akselerometer, seperti perangkat desktop dan notebook tradisional. Oleh karenanya akan jauh lebih masuk akal jika pointer mouse bisa dijadikan titik orientasi dari efek panoramik di layar tersebut. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend