Pembaruan Windows 10 Perangkat Kompatibel

Pembaruan Windows 10 Kini Kompatibel Dengan Banyak Perangkat

NESABAMEDIA.COMBulan lalu, Microsoft telah memberikan peringatan kepada para pengguna Windows 10 bahwa adanya kemungkinan pemblokiran untuk melakukan pembaruan sistem operasi ke versi Windows 10 20H2 dan pembaruan lainnya. Pemblokiran pembaruan ini disebabkan oleh terjadinya isu kompatibilitas atau ketidakcocokan pada SSD Intel dan sejumlah driver audio.

Masalah ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna di bulan Oktober lalu dan kemudian mendapatkan perhatian khusus baik dari Intel dan Microsoft. Pekan kemarin, Microsoft mengungkapkan bahwa pihaknya telah mampu mengatasi masalah pemblokiran pembaruan sistem operasi tersebut.

Lebih lanjut pihak Microsoft menjelaskan bahwa masalah kompatibilitas itu membuat Windows 10 menjadi crash dengan tampilan Blue Screen of Death (BSOD) ketika SSD eksternal NVMe terdeteksi. 

Perbaikan ini kini telah tersedia dengan pembaruan kumulatif Windows 10 bulan Desember dan akan diterapkan secara otomatis melalui Windows Update. Pada pekan lalu Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah mengeliminasi penangguhan kompatibilitas. Ini berarti banyak pengguna kini telah bisa memasang pembaruan Windows terkini dan pembaruan yang akan datang.

Pembaruan Desember 2020 untuk Windows 10 juga termasuk perbaikan pada masalah yang terjadi di Windows Mail dan fitur Narrator tidak berfungsi. Bug lainnya yang telah diperbaiki adalah aplikasi Xbox Game Bar yang berhenti bekerja di sejumlah pengaturan khusus saat menggunakan game dengan DirectX 9.

Masalah pada driver audio yang sebelumnya terjadi juga telah diperbaiki oleh pihak Microsoft. Penangguhan safeguard telah dicabut untuk sejumlah perangkat yang terdampak masalah bug driver audio itu. 

Ada banyak sekali perbaikan yang dibundling dengan pembaruan bulan Desember ini, tapi seperti biasanya, pembaruan kumulatif ini terkadang juga malah menyebabkan terjadinya masalah baru di Windows 10. Jadi alangkah lebih baiknya pengguna untuk melakukan pencadangan atau backup terlebih dahulu.

Sayangnya, untuk Windows 10 versi 20H2 sendiri sejauh ini masih memiliki sejumlah masalah yang belum kunjung juga mendapatkan perbaikan. Misalnya, Microsoft yang masih melakukan investigasi pada masalah di mana fitur Windows Credentials Manager akan memaksa pengguna untuk memasukkan data pribadi mereka di browser Chrome dan aplikasi lainnya setiap mereka melakukan restart perangkat. 

Leave a Reply

Send this to a friend