LiFi Max Tab, Tablet Android Yang Manfaatkan Cahaya Untuk Transfer Data

LiFi Max Tab, Tablet Android Yang Manfaatkan Cahaya Untuk Transfer Data

NESABAMEDIA.COMPasar tablet Android kembali menyita perhatian. Samsung sedang bersiap untuk meluncurkan Tab S8 series, dan Xiaomi serta Lenovo juga meluncurkan tablet Android mereka. Namun, semua tablet itu menggunakan Wi-Fi untuk melakukan pengiriman data yang merupakan teknologi tradisional. Pada CES 2022, ada sebuah tablet baru yang mampu mengirimkan data menggunakan cahaya. 

Tablet tersebut diketahui memiliki nama LiFi Max Tab dan diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Perancis bernama Oledcomm. Ini menjadi tablet Android pertama yang memanfaatkan LiFi atau Light Fidelity untuk pengiriman data ketimbang menggunakan Wi-Fi yang tradisional itu. 

Apa itu LiFi?

“Setiap tahunnya, sejak 2018, Oledcomm sedikit lebih menonjolkan kepemimpinannya di bidang LiFi yang menawarkan tablet Android pertama dengan LiFi yang terintegrasi. Sehingga membawa LiFi ke perangkat seluler dan dapat diakses oleh semua orang. Tablet ini memungkinkan semua anggota keluarga untuk terhubung ke internet melalui cahaya tak terlihat, menyediakan koneksi yang kuat, stabil, bebas frekuensi radio dengan sinyal yang tidak dapat dicegat di luar ruangan. LiFi Max Tab sangat ideal untuk digunakan di kantor, untuk orang tua dan anak-anak di rumah atau di sekolah,” ungkap Presiden Oledcomm Benjamin Azoulay.

Lebih lanjut, tablet ini menggunakan rangkaian titik akses, antena fotonik dan dongle USB untuk membawa LiFi dalam jangkauan setiap rumah tangga atau digunakan home office. Sebagai referensi, teknologi LiFi memungkinkan anda untuk menghubungkan dan mengirimkan data dengan memodulasi sinyal cahaya dari sumber cahaya. 

Apakah LiFi Lebih Baik Dari Wi-Fi?

Di atas kertas, LiFi jauh lebih baik dibandingkan dengan Wi-Fi. Koneksi ini memiliki latensi 100 kali lebih cepat daripada Wi-Fi. Tablet baru yang diproduksi oleh Oledcomm tersebut memiliki sebuah modul LiFi yang terintegrasi dengan kecepatan unduhan dan unggahan 150Mbps.

Selain itu, Oledcomm mampu mencapai kecepatan 3Gbps antar titik dengan jarak 1 sampai 5 meter pada pengujian tahun 2021 lalu. 

Spesifikasi dan Ketersediaan

Untuk spesifikasinya, LiFi Max Tab ditenagai oleh chipset MediaTek MTK6762. Kemudian juga layar berukuran 10 inci dengan resolusi 1920×1200.

Tablet ini hadir dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Opsi input dan outputnya termasuk 1x port USB-C, 2x slot kartu SIM, audio 3,5mm dan sebuah card reader. Baterainya berkapasitas 8,000mAh, dan mampu digunakan selama 7 jam dengan menjelajahi internet. Sementara untuk harganya Rp6,5 jutaan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend