Lockdown di Cina Bikin Produksi iPhone 14 Terlambat

Lockdown di Cina Bikin Produksi iPhone 14 Terlambat

NESABAMEDIA.COMApple biasanya akan memperkenalkan generasi iPhone baru pada bulan September, namun tahun ini, pemerintah Cina kembali menerapkan kebijakan lockdown yang kemungkinan akan menyebabkan proses produksi massal iPhone 14 mengalami penundaan. Mitra Apple masih memiliki kesempatan untuk meluncurkan smartphone baru itu tepat waktu, namun untuk memenuhi hal ini segala sesuatunya harus dipaksakan. 

Akhir Maret lalu, di Shanghai dan beberapa wilayah Cina lainnya, otoritas setempat memberlakukan pembatasan mobilitas warga karena meningkatnya ancaman penyebaran infeksi virus Corona. Banyak perusahaan menghentikan operasional mereka selama beberapa minggu, dan hanya diizinkan melakukan operasional dengan pembatasan yang sangat ketat. Fasilitas manufaktur iPhone Pegatron di Shanghai misalnya, tidak lagi dapat melanjutkan produksinya. 

Menurut Nikkei Asian Review, dua kontraktor Apple, yakni Foxconn dan Pegatron terlibat dalam pengembangan generasi baru iPhone 14, di mana aktivitas perusahaannya di Cina terpengaruh signifikan karena kebijakan lockdown tersebut. Pada awalnya, spesifikasi Apple iPhone 14 harus siap pada bulan Juni, untuk kemudian diproduksi secara massal pada bulan Agustus.

Namun sekarang, setidaknya satu dari empat model mengalami keterlambatan tiga minggu dari jadwal. Apakah mitra Apple akan dapat memproduksi smartphone baru dalam jumlah yang cukup pada jadwal perilisan yang seharusnya di bulan September, masih menjadi sebuah pertanyaan besar. 

Sementara itu sumber lainnya mengatakan bahwa Apple tahun ini lebih cenderung berfokus dalam menangani masalah soal masalah kelangkaan komponen, dan tidak siap mengenai adanya penerapan kembali kebijakan lockdown di Cina, yang pada akhirnya berujung pada konsekuensi yang lebih besar. 

Sebagian produksi juga akan dilakukan oleh Luxshare, yang sebelumnya memiliki spesialisasi dalam merakit AirPod. Kontraktor ini memang mampu untuk memproduksi dua dari empat model iPhone 14, namun mereka tidak menjadi bagian dari pengembangan. 

Lebih lanjut, iPhone tahun 2022 akan memiliki empat model. Ada iPhone 14 dan 14 Pro yang memiliki layar berukuran 6.1 inci di kelas entri, dan iPhone 14 Max serta Pro Max yang memiliki layar berukuran 6,7 inci akan berada satu tingkat di atasnya. iPhone mini versi ringkas tidak akan diluncurkan untuk tahun ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend