Telegram Hilangkan Slogan Gratis Selamanya, Tawarkan Layanan Berbayar

Telegram Hilangkan Slogan Gratis Selamanya, Tawarkan Layanan Berbayar

NESABAMEDIA.COMJika anda mengunduh aplikasi Telegram, anda akan disambut dengan slogan “Telegram gratis selamanya. Tidak ada iklan. Tidak ada layanan berlangganan.” Namun sepertinya slogan gratis di Telegram tidak lagi akan anda temukan ketika membuka aplikasi perpesanan tersebut. 

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Telegram Premium sedang dikembangkan, dan versi beta dari aplikasi itu telah memberikan petunjuk mengenai layanan berbayar yang akan diterapkan, termasuk reaksi dan stiker eksklusif. 

Sebuah kode untuk versi yang akan datang dari aplikasi Telegram telah muncul, yang diketahui menghilangkan slogan gratis, yang semakin memperjelas bahwa aplikasi itu nantinya tidak akan lagi gratis selamanya, alias menarik biaya. 

Ditemukan oleh pengembang dan tipster bernama Alessandro Paluzzi, baris data baru di versi Telegram beta memberikan tampilan sebuah halaman yang bakal menjadi versi baru dari aplikasi, yang secara drasting mengubah penggunaan wording. Slogan yang sebelumnya bertuliskan, “Telegram gratis selamanya, tidak ada iklan, tidak ada layanan berlangganan,” berubah menjadi “Telegram menyediakan penyimpanan cloud tidak terbatas secara gratis untuk media dan percakapan”. 

Tidak ada kalimat wording yang secara khusus merujuk pada sistem berlangganan yang baru, namun sudah diketahui bahwa hal tersebut dikarenakan layanan itu akan meluncurkan versi Premium sendiri. 

“Ada perubahan di Telegram. Ini adalah tangkapan layar berdasarkan string baru yang tersedia di aplikasi tersebut,” cuit Alessandro Paluzzi di akun Twitternya.

Tidak diketahui kapan wording yang baru ini akan diterapkan di versi publik aplikasi Telegram, dan mungkin akan diperbarui begitu Telegram Premium secara resmi diluncurkan. Pada pemeriksaan di aplikasi Telegram versi 8.7.4, wording masih menuliskan kalimat lama, mengenai Telegram yang akan gratis selamanya. 

Telegram sebelumnya juga telah menjelaskan bahwa mereka mempertimbangkan untuk menghadirkan layanan premium berbayar untuk membantu monetisasi aplikasi tersebut sejak akhir 2020 lalu. Namun perusahaan masih belum secara resmi mengungkap layanan premium tersebut.

Sementara dari tampilan aplikasi beta di iOS, layanan berbayar itu akan memberikan pengguna sebuah lencana khusus member premium di bagian atas percakapan dan profil pengguna. Terdapat juga fitur reaksi dan stiker khusus pengguna premium. Sepertinya layanan itu tidak memberikan banyak hal baru, dan harganya juga masih belum diketahui.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend