MacBook Pro 2021 Diluncurkan Dengan Chip Apple M1 Pro dan M1 Max

MacBook Pro 2021 Diluncurkan Dengan Chip Apple M1 Pro dan M1 Max

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, Apple memanfaatkan event “Unleashed” untuk menghadirkan serangkaian produk baru dengan fokus besar pada departemen komputer. Mereka mengumumkan chip seri Apple M1 yang baru dengan peningkatan kinerja yang luar biasa, AirPods 3 baru, dan juga laptop MacBook Pro 2021 baru. 

Seri MacBook Pro 2021 yang baru menghadirkan perombakan desain lengkap dan untuk pertama kalinya di industri, layar yang memiliki notch. Rumor yang muncul sebelumnya soal adanya desain ulang utama untuk seri ini akurat, namun perubahannya tidak diharapkan sedrastis ini. Laptop baru ini juga hadir dengan performa luar biasa dengan pilihan chipset yang berbeda. 

Spesifikasi dan Fitur

MacBook Pro 2021 menampilkan desain baru dan tersedia dalam ukuran layar 14,2 inci dan 16,2 inci. Laptop baru ini hadir dengan bezel yang diperkecil dan takik ikonik Apple. Alih-alih meninggalkannya, perusahaan telah membawa Notch dari seri iPhone ke jajaran MacBook.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan webcam 1080p ber-aperture yang lebih lebar dan sensor gambar yang lebih besar. Menu-bar membungkus kamera. Layarnya menggunakan teknologi mini-LED Retina XDR dengan 120 Hz ProMotion yang merupakan brand mewah dari Apple untuk kecepatan refresh dinamis.

Perombakan Desain

Desain ulang baru juga menghadirkan lebih banyak port demi konektivitas yang lebih luas. Sisi kanan dilengkapi port HDMI, port Thunderbolt 4, dan pembaca kartu SD. Bagian kiri komputer memiliki MagSafe 3, dua port Thunderbolt 4, dan colokan headphone. Keyboard dilengkapi dengan baris tombol fungsi tinggi penuh. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, Touch Bar hilang dan seluruh area keyboard sekarang menjadi hitam.

Dalam hal multimedia, MacBook Pro 2021 juga dilengkapi mikrofon dan speaker berkualitas studio yang ditingkatkan dengan dukungan untuk Audio Spatial. Model 16 inci memiliki sistem enam speaker. Saat memutar video, model 14,2 inci dapat menawarkan masa pakai baterai hingga 17 jam. Model yang lebih besar, di sisi lain, dapat memutar video hingga 21 jam. Berbicara tentang MagSafe, standar kecepatan pengisiannya adalah mampu mengisi baterai 50% dalam waktu 30 menit.

Konfigurasi Berbeda Dengan M1 Pro atau M1 Max

Berbicara tentang perangkat keras, laptop baru ini hadir dengan konfigurasi dua chip Apple Silicon yang baru juga. Seperti yang diharapkan, varian Apple M1 Pro tersedia dengan menawarkan kinerja yang lebih baik dibandingkan M1 tahun lalu.

M1 Pro menawarkan CPU 10-core, GPU 16-core, Media Engine yang lebih mumpuni, lebih banyak Kontroler Thunderbold, dukungan hingga 32GB RAM, dan banyak lagi. Ada juga opsi dengan chipset Apple M1 Max. Ini adalah fitur CPU 10-core yang sama. Namun, ia mengemas GPU 32-core dengan dukungan hingga 64GB RAM.

Harga dan Ketersediaan

MacBook Pro sudah siap untuk pre-order, dan pengiriman akan dimulai sekitar satu minggu dari sekarang. MacBook Pro 14-inci dan 16-inci tersedia dalam pilihan warna perak dan abu-abu ruang. Harga mulai dari Rp28 jutaan.

Leave a Reply

Send this to a friend