Membedah Fitur Keamanan Yang Ditawarkan Microsoft di Surface 4

Membedah Fitur Keamanan Yang Ditawarkan Microsoft di Surface 4

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja mengumumkan keberadaan perangkat laptop baru mereka Surface 4. Anggota baru dari keluarga Surface itu diketahui memiliki banyak sekali opsi, termasuk pilihan untuk memilih prosesor AMD atau Intel, dan juga ukuran 13,5 inci atau 15 inci. Untuk melindungi perangkat Surface 4 dan informasi yang disimpan pengguna di dalamnya, Microsoft menggunakan sejumlah fitur keamanan bawaan yang bisa diandalkan. 

Dalam sebuah unggahan blog terbaru, Microsoft mengungkap fitur keamanan apa saja yang mereka hadirkan, khususnya untuk Surface 4 yang didukung oleh prosesor AMD. 

Laptop Surface 4 merupakan perangkat kedua yang memiliki fitur keamanan inti prosesor dari keluarga Surface. Yang pertama adalah Surface Pro X untuk bisnis. Fitur keamanan inti prosesor ini memiliki beberapa kelebihan, termasuk di antaranya adalah keamanan berbasis virtual, perlindungan sistem dan perlindungan DMA kernel. Mereka juga menawarkan beberapa lapisan perlindungan lain untuk perangkat keras, firmware, perangkat lunak dan identifikasi atau teknologi pengenalan.

Perangkat Surface 4 juga memiliki Trusted Platform Module 2.0 (TPM) dan juga prosesor mobile AMD Ryzen dengan perlindungan sistem. Perlindungan untuk Direct Memory Access (DMA) kernel juga aktif secara default, dan membantu melindungi dari serangan langsung ke memori. 

Microsoft juga membangun Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) mereka sendiri di Surface 4 ini. Seperti yang telah mereka jelaskan, “Ini adalah sebuah versi modern dari BIOS yang mampu mengenali dan memvalidasi komponen sistem dari perangkat keras, melakukan booting Windows 10 dari sebuah SSD dan menyediakan sebuah antarmuka untuk sistem operasi agar bisa berinteraksi dengan keyboard, monitor, dan perangkat input/output lainnya.

UEFI tersebut bisa diperbarui melalui Windows Update, yang artinya pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi atau mengunjungi situs pihak ketiga untuk mengunduh pembaruan. Microsoft pun mencontohkan kemampuan ini seperti yang telah mereka lakukan saat mengatasi masalah di Spectre dan Meltdown beberapa waktu yang lalu.

Fitur keamanan Surface 4 lainnya adalah adanya dukungan mode Enterprise Management. Ini memungkinkan pengguna untuk secara jarak jauh mengaktifkan atau mematikan komponen yang ada di perangkat. Tentunya hal ini akan meningkatkan keamanan dengan mengurangi berapa banyak komponen yang bisa dimanfaatkan oleh para peretas. 

Selain itu, Surface 4 juga mendukung beberapa jenis perlindungan identitas. Pengguna bisa memanfaatkan Windows Hello, termasuk dukungan login biometrik dan kunci FIDO2. 

Leave a Reply

Send this to a friend