• Our Partners:

Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 dan 11

Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 10 dan 11

NESABAMEDIA.COMWindows Sandbox merupakan sebuah utilitas yang diperkenalkan oleh Microsoft pada bulan Mei 2019 untuk Windows 10. Ini adalah fitur yang sangat mudah digunakan yang memungkinkan anda untuk mengunduh atau menjalan file yang mencurigakan di lingkungan sandbox sebelum anda mencobanya di perangkat utama.

Keuntungannya adalah anda tidak perlu mengunduh dan memasang ISO Windows atau mesin virtual, karena Microsoft yang akan menanganinya semua untuk anda. Keuntungan lainnya adalah karena efisien, keamanan dan sekali pakai. 

Kemampuan ini tersedia baik di Windows 10 maupun Windows 11, dan nesabamedia.com di sini akan memandu anda untuk mengaktifkannya di sistem operasi tersebut. Metode pemasangannya pun tidak jauh berbeda di kedua sistem operasi itu, namun untuk panduan ini, kami menggunakan Windows 10 Pro versi 21H2

Prasyarat

  • Windows 10 Pro, Enterprise atau Edukasi Build 18305 atau Windows 11 selain Home Edition.
  • Arsitektur AMD64.
  • Kemampuan virtualisasi yang diaktifkan lewat BIOS.
  • Minimal RAM 4GB, disarankan 8GB.
  • Minimal ruang kosong 1GB, disarankan SSD.
  • Minimal prosesor dengan dua inti, disarankan empat inti dengan hyperthreading.

Mengaktifkan Windows Sandbox

  • Pastikan bahwa virtualisasi telah diaktifkan di perangkat anda. Jika belum anda perlu melakukan pengaturan lewat BIOS. Namun karena BIOS setiap perangkat berbeda tergantung vendor, maka anda harus mencari dengan seksama hingga menemukan opsi untuk mengaktifkan virtualisasi. Setelah selesai mengaktifkan virtualisasi, jalankan perintah systeminfo.exe di Command Prompt untuk mengecek apakah Hyper-V telah aktif atau belum.
  • Buka Windows Feature menggunakan fitur pencarian Windows, gulirkan ke bawah ke Windows Sandbox dan aktifkan. Windows akan secara otomatis mencari beberapa file yang dibutuhkan dan kemudian memasangnya melalui metode pembaruan reguler, yang juga membutuhkan restart perangkat. 
  • Buka Windows Sandbox melalui Windows Search, yang akan memunculkan aplikasi tersendiri. Nantinya akan melakukan booting pemasangan bersih Windows di perangkat yang anda gunakan. 

Prosesnya cukup mudah dan tinggal melakukan beberapa klik-klik saja secara berurutan. Kini anda bisa menyalin dan menempel file yang mencurigakan ke Windows Sandbox, dan secara aman mengujinya. Secara alami, Windows Sandbox terisolasi dari sistem utama anda, jadi anda tidak akan bisa mengakses file anda secara langsung. Selain itu, juga tidak mendukung drag and drop.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend