Windows Search di Windows 10 Kini Adopsi Mode Gelap

Windows Search di Windows 10 Kini Adopsi Mode Gelap

Di Windows 10, anda selalu dapat beralih antara tema gelap dan terang, dan bahkan memutuskan apakah aplikasi harus mengikuti mode gelap atau tidak. Mengubah tema di Windows 10 memengaruhi aplikasi asli seperti, Settings, Taskbar, Notification Center, dan fitur bawaan, seperti File Explorer dan menu konteks.

Hampir semua aplikasi pihak pertama mendukung mode gelap. Daftar aplikasi yang didukung termasuk Microsoft Store, Windows Security, Your Phone, Jam, Kalkulator, dan banyak lagi. Beberapa aplikasi pihak ketiga juga mendukung mode gelap Windows 10, tetapi salah satu fitur “Windows Search” yang paling sering digunakan masih menggunakan latar belakang putih cerah.

Tampilan Windows Search yang masih berwarna putih ini telah menyebabkan masalah konsistensi dengan mode gelap Windows 10. Namun, sepertinya Microsoft akhirnya meluncurkan pembaruan sisi server baru untuk mengaktifkan dukungan mode gelap untuk fitur tersebut. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, hasil Windows Search sekarang muncul di latar belakang gelap.

Menurut pengujian kami, pembaruan ini tampaknya diluncurkan ke Windows 10 versi 2004, versi 20H2, versi 21H1, dan yang lebih baru.

Seluruh jendela Windows Search, menu di dalam panel pencarian atau menu konteks klik kanan dan bahkan pencarian web yang didukung oleh Bing sekarang memiliki dukungan penuh untuk latar belakang gelap.

Semua hasil pencarian terlepas dari filter (dokumen, pengaturan, gambar, dll) juga memiliki latar belakang gelap agar sesuai dengan antarmuka pengguna lainnya, seperti Settings dan Start Menu.

Mode gelap Windows Search menggunakan latar belakang hitam dan tidak terlihat seperti jendela pencarian dari Windows 11. Itu cukup berbeda, di mana Windows Search 10 tidak menampilkan komponen WinUI atau sudut membulat, yang tetap eksklusif untuk Windows 11.

Windows Search Mode Gelap

Windows Search Mode Gelap

Tentu saja, mode gelap bukanlah perubahan terbesar, tetapi itu adalah sesuatu yang dijanjikan perusahaan tahun lalu dan siapa pun yang menggunakan mode gelap akan merasa lega untuk melihatnya secara langsung.

Seperti biasa, jika anda ingin mencoba mode gelap untuk pencarian dan area lainnya, buka Settings → Personalisasi → Color dan cukup pilih ‘Gelap’.

Pembaruan ini masih diluncurkan secara bertahap dan mungkin tidak muncul di semua perangkat.

Pembaruan Lainnya Untuk Windows 10

Selain peningkatan Windows Search, Microsoft juga meluncurkan Windows 11 Store untuk Windows 10.

Microsoft Store yang diperbarui menampilkan antarmuka baru, hasil pencarian yang ditata ulang, library yang ditingkatkan, unduhan yang lebih cepat, dan banyak lagi. Itu juga dilengkapi dengan kebijakan pengembang baru, yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi desktop Win32 yang belum dibongkar dari Store.

Saat ini, tidak jelas kapan sisa aplikasi Windows 11 baru akan tiba di Windows 10.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend