Program Microsoft Rewards

Mengenal Program Microsoft Rewards Yang Ternyata Menguntungkan

NESABAMEDIA.COMJika komputer yang anda miliki terpasang Windows 10, mungkin anda akan diminta untuk membuat akun Microsoft saat pertama kali menggunakannya.

Hal ini normal dan memang diperlukan jika pengguna ingin mengakses layanan yang disediakan Microsoft, seperti OneDrive. Namun rupanya, membuat akun Microsoft juga akan memberikan akses kepada pengguna untuk bisa bergabung dalam program Microsoft Rewards.

Program Microsoft Rewards ini menjanjikan hadiah yang sangat menarik, diskon untuk item tertentu yang ada di Microsoft Store atau keuntungan lainnya. Meski untuk bergabung dalam program ini tidak membutuhkan biaya sekali, namun pengguna diharuskan mengirimkan sejumlah data pribadi mereka. 

Dari sudut pandang perusahaan, program Microsoft Rewards adalah sebuah sistem pengumpulan data. Dalam kasus ini, data yang dikumpulkan adalah yang dimiliki oleh konsumen Microsoft. Program ini akan melacak apa saja yang dicari pengguna di Bing, website yang mereka kunjungi dan seberapa sering, serta kapan waktu mereka mulai online dan sebagainya.

Namun hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa dalam pengumpulan data ini, Microsoft tidak terlalu tertarik data anda secara individu. Microsoft melakukan hal ini lebih untuk mengetahui perilaku konsumen secara umum. Data itu kemudian dibutuhkan Microsoft untuk meningkatkan kinerja Bing, merencanakan promosi dan menyusun strategi di fitur dan produk mereka di masa mendatang.

Sementara di sudut pandang pengguna, Microsoft Rewards adalah sebuah situs dengan banyak sekali penawaran survey, kegiatan yang aman untuk keluarga, permainan yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan poin. Poin yang telah dikumpulkan nantinya, bisa digunakan untuk menebus hadiah, diskon, atau didonasikan ke organisasi sosial. 

Hadiah di Program Microsoft Rewards

Hadiah di Program Microsoft Rewards

Lalu apakah program Microsoft Rewards menguntungkan dan layak diikuti?

Jika pengguna adalah jenis orang yang membiarkan GPS menyala sepanjang hari, menjawab pertanyaan yang membutuhkan data personal dengan enteng tanpa berat hati, atau memasang aplikasi pihak ketiga karena tawaran sebuah aplikasi tanpa banyak berpikir, maka Microsoft Rewards hanya sekedar program pengumpulan data biasa. 

Namun jika pengguna adalah jenis orang yang sangat peduli dengan masalah privasi, maka program Microsoft Rewards wajib untuk dihindari. Sebab secara keseluruhan, tujuannya adalah pengumpulan data untuk periklanan dan keuntungan pihak Microsoft. 

Akan tetapi jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya program ini tidak terlalu buruk. Karena pengguna juga bisa mendapatkan keuntungan pribadi dari hal-hal yang selama ini dianggap spam, apalagi poin yang didapat nanti ternyata bisa digunakan untuk donasi. 

Contoh yang harus dilakukan pengguna saat ikut program ini adalah menggunakan Bing untuk mencari sesuatu di internet, dan menyalakan Give Mode di halaman Redeem Rewards. Tentunya hal ini tidak terlalu berlebihan bukan, jika dibandingkan keuntungan yang akan didapat nantinya?

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend