Mengupas Apple iOS 15 Yang Baru Diluncurkan

Mengupas Apple iOS 15 Yang Baru Diluncurkan

NESABAMEIA.COMApple telah merilis iOS 15, pembaruan perangkat lunak iPhone tahunan yang besar, pada awal pekan ini. Versi iOS 15 ini memiliki beberapa perubahan besar, termasuk kemampuan FaceTime untuk melakukan panggilan ke pengguna Windows dan Android, kecerdasan buatan yang dapat mengidentifikasi hewan, tumbuhan, dan item lain dengan lebih baik dalam foto, dan fitur yang mengontrol batas notifikasi dengan lebih baik.

Di saat Apple berupaya mendorong pembaruan secara teratur sepanjang tahun, pembaruan tahunan yang dirilis bersama iPhone baru tersebut memiliki fitur dan perubahan tambahan paling banyak. IOS 15 juga tersedia untuk banyak ponsel lama, hingga iPhone 6S, yang dirilis pada tahun 2015. Inilah yang akan Anda dapatkan.

FaceTime Windows dan Android

FaceTime, perangkat lunak konferensi video Apple, dulu hanya disediakan untuk produk Apple saja, dan pengguna yang ingin menggunakan FaceTime dengan ponsel Android atau PC Windows tidak akan didukung.

Mulai iOS 15, siapa pun yang memiliki komputer Apple akan melihat tombol yang memungkinkan mereka membuat tautan ke obrolan FaceTime. Pengguna dapat mengirim tautan itu ke komputer atau ponsel manapun dengan browser web, dan mereka juga dapat bergabung dalam obrolan. Pengguna harus diizinkan masuk ke obrolan, sehingga tautan tidak akan membiarkan orang acak bergabung tanpa izin.

Integrasi Apple Messages

Beberapa orang mendapatkan banyak tautan berbeda di Apple Messages sepanjang hari, tetapi tidak punya waktu untuk memeriksanya satu per satu. Sekarang, Apple Messages akan membagikan informasi itu dengan aplikasi lain.

Misalnya, jika seseorang mengirim tautan ke Apple News, itu akan muncul di aplikasi Apple News di bagian yang disebut “Dibagikan dengan Anda.” Sama untuk Apple Music dan Apple Photos. Integrasi baru ini juga berlaku untuk tautan web Safari, podcast, serta film dan acara Apple TV.

AI yang dapat mengetahui apa yang ada di dalam foto, termasuk teks

Apple telah meningkatkan kemampuan pengenalan fotonya di aplikasi Foto selama bertahun-tahun, dan kini Apple mengambil langkah maju yang besar dalam hal mengenali jenis objek di dalam foto.

Dengan iOS 15, perangkat lunak Apple dapat mengidentifikasi dan memberikan lebih banyak informasi tentang hewan, tumbuhan, dan objek lain. Itu juga membuat teks di dalam foto dapat dicari, dan pengguna bahkan dapat menyalin dan menempelkan teks dari foto ke dalam dokumen.

AI Apple berjalan di perangkat iPhone, alih-alih menggunakan cloud untuk melakukan pekerjaan di server jarak jauh, sehingga hal-hal yang diidentifikasi atau disalin oleh pengguna tidak akan dikirim kembali ke Apple.

Lebih banyak kontrol notifikasi di luar jam kerja 

Selama beberapa tahun, pengguna iPhone memiliki mode yang disebut “Don’t Disturb” yang membatasi notifikasi kecuali dari daftar kontak dekat. Fitur-fitur ini telah menerima peningkatan besar di iOS 15 yang Apple sebut “Fokus”.

Fitur utama hanya akan menampilkan notifikasi dari kontak dan aplikasi yang telah disetujui sebelumnya. Jika seseorang mengirim SMS kepada pengguna yang berada dalam Focus Mode, mereka akan menerima pesan bahwa notifikasi telah dibisukan.

Pengguna dapat membuat beberapa profil Fokus untuk situasi yang berbeda, seperti bekerja, bermain, dan tidur. Ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat layar beranda khusus sehingga mereka dapat memiliki koleksi aplikasi yang berbeda untuk kantor atau rumah.

Apple Maps Reminder

Apple Maps hadir dengan peningkatan tahunan, termasuk petunjuk arah yang lebih baik, jadwal angkutan umum, dan fitur petunjuk arah berjalan augmented reality yang menempatkan panah besar yang memberi tahu pengguna ke mana harus pergi. Namun fitur komuter-nya mungkin akan lebih disukai dengan peringatan real-time baru yang memberi tahu pengguna kapan mereka harus turun dari bus, kereta api, atau kereta bawah tanah sebelum mereka ketinggalan perhentian.

Desain ulang Safari 

Browser default pada iPhone mendapatkan desain ulang terbesar, membawa Adress Bar dan tombol Back dari atas layar lebih dekat ke bawah untuk memudahkan ibu jari menjangkau. Jika anda tidak menyukai Safari baru, anda dapat mengubahnya kembali ke tampilan lama.

Safari juga akan menyimpan grup tab yang terbuka, sehingga anda dapat kembali lagi nanti, dan mendukung ekstensi seperti Google Chrome atau Safari di desktop, untuk pertama kalinya melalui Apple Apps Store. Ekstensi adalah aplikasi kecil yang memungkinkan anda melakukan lebih banyak hal di situs, seperti memblokir iklan dan sebagainya.

Sistem pencarian yang lebih baik

Spotlight Apple adalah fitur power-user yang mampu melakukan penelusuran web dan file anda, serta membuat aplikasi lebih mudah diakses. Pengguna bisa mengaksesnya saat menggesek ke bawah dari atas layar. Ini memiliki tampilan baru, dengan lebih banyak foto, dan informasi yang disediakan Apple tentang acara TV, film, musisi, dan tautan yang telah dibagikan dengan pengguna.

Perlindungan privasi

Apple telah menekankan pentingnya keamanan privasi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi di iOS 15 itu mulai menjadi fitur yang layak untuk ditingkatkan.

Sebuah fitur baru hadir yang disebut “Laporan Privasi Aplikasi,” dan itu akan menunjukkan seberapa sering aplikasi mengakses mikrofon atau lokasi anda selama tujuh hari terakhir. Ini juga akan memberitahu pengguna jika aplikasi melakukan panggilan atau berkomunikasi ke server mereka sendiri.

Siri yang lebih cepat

Siri tidak perlu lagi mengirim data ke server yang jauh untuk memahami apa yang anda minta. Sekarang, ia dapat melakukannya di perangkat itu sendiri, yang akan menghasilkan pengalaman yang lebih cepat tanpa sedikit penundaan, serta privasi tambahan dan Apple tidak akan memiliki akses ke semua rekaman permintaan Siri pengguna lagi.

SIM dan kunci di Apple Wallet

Apple menambahkan kemampuan untuk memasukkan SIM dan kunci ke dalam aplikasi Wallet, tetapi mungkin perlu beberapa saat sebelum semua pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur baru yang besar ini.

Apple mengatakan TSA dan delapan negara bagian sudah bergabung dengan program untuk menempatkan SIM dan ID di iPhone. Namun, fitur ini menunggu kebijakan dari pemerintah setempat untuk bisa digunakan.

Pengguna juga dapat menyimpan kunci, termasuk kunci kontak mobil, di Apple Wallet. Jika anda memiliki smart home atau pergi ke kantor dengan kunci yang kompatibel, anda dapat mulai membuka kunci pintu depan dengan ponsel segera setelah memperbarui perangkat lunak baru. Fitur kunci kontak mobil memerlukan mobil jenis BMW atau kendaraan lain yang kompatibel.

Sayangnya ada satu fitur yang gagal diluncurkan bersamaan dengan dirilisnya iOS 15. Apple berencana meluncurkan fitur bernama SharePlay yang memungkinkan anda menonton film atau acara TV dengan orang lain melalui FaceTime. Tetapi fitur itu belum disertakan dan sekarang dijanjikan untuk rilis akhir tahun ini.

Cara mendapatkan iOS 15

Sangat mudah untuk memasang iOS 15. Anda hanya perlu iPhone SE (generasi ke-1) atau lebih baru atau iPhone 6s atau lebih baru. Ponsel-ponsel itu masing-masing dirilis pada 2016 dan 2015, jadi kebanyakan orang harus mendapatkan pembaruan. Inilah yang harus dilakukan:

  • Hubungkan iPhone anda yang kompatibel ke Wi-Fi.
  • Buka Settings.
  • Buka General.
  • Buka Software Update.
  • Ketuk Unduh dan Pasang.

Leave a Reply

Send this to a friend