Microsoft Dirumorkan Segera Akuisisi Discord April Mendatang

Microsoft Dirumorkan Segera Akuisisi Discord April Mendatang

NESABAMEDIA.COMSelama setahun terakhir, Microsoft rupanya terus berupaya untuk melakukan akuisisi sebuah perusahaan yang bisa menghadirkan komunitas konsumen untuk market yang baru. Diperkirakan, rencana tersebut bisa saja membuahkan hasil paling cepat pada bulan depan. Awal pekan ini, sejumlah laporan muncul dimulai dari VentureBeat yang mengklaim bahwa media sosial berbasis gaming asal Fransisco, yakni Discord menjadi salah satu perusahaan yang berpotensi untuk diakuisisi oleh Microsoft.

Kini, laporan yang sama juga disampaikan oleh Wall Street Journal bahwa keputusan akhir ada di Microsoft, mengenai akuisisi Discord yang nilainya mencapai USD10 miliar. Disebutkan, keputusan itu akan diambil pada bulan April mendatang. 

Sejumlah pihak sepakat bahwa Discord jauh lebih masuk akal bagi Microsoft untuk diakuisisi ketimbang Tik Tok atau Pinterest. Sebab, game menjadi pasar konsumen yang selama ini cukup sukses dibidik oleh Microsoft. Terlebih, saat ini pengguna Microsoft juga sudah bisa menautkan akun Xbox mereka ke Discord.

Sementara itu, Microsoft telah memiliki Skype dan juga Teams untuk kebutuhan panggilan jarak jauh untuk video, audio maupun teks percakapan, sebuah layanan yang juga disediakan oleh Discord. Dan upaya terakhir Microsoft untuk menumbuhkan komunitas game melalui akuisisi perusahaan streaming game, Mixer yang tidak berjalan dengan mulus. 

Jika Microsoft memang nantinya benar-benar mengakuisisi Discord dan menjalankan pedoman mereka selama ini, kemungkinan besar Discord masih akan berjalan secara independen seperti sebelumnya. Hal ini juga dilakukan oleh Microsoft terhadap LinkedIn dan GitHub. 

Mungkin akan ada sedikit perubahan bagi para pengguna Discord yang telah bergabung di platform itu sejak lama, mengenai cara penggunaan Discord untuk kebutuhan mengobrol saat bermain game atau sebagai tempat berkumpul untuk bersosialisasi. Setidaknya dalam jangka pendek nantinya. 

Discord disebutkan telah menjalankan layanannya di Google Cloud, dan akuisisi nantinya akan memindahkan ke layanan Azure yang kemungkinan akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Seperti yang terjadi saat migrasi pada LinkedIn. 

Jika nilai akuisisi yang disebutkan sebesar USD10 miliar itu benar, maka nilai sebesar itu akan menjadi akuisisi terbesar Microsoft kedua dalam sejarah perusahaan. Sebelumnya, akuisisi LinkedIn oleh Microsoft di tahun 2016 menghabiskan biaya sebesar USD26,2 miliar. 

Leave a Reply

Send this to a friend