Microsoft Mulai Tingkatkan Pengalaman Aplikasi Web di Windows 10

Microsoft Mulai Tingkatkan Pengalaman Aplikasi Web di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini telah mulai memasang runtime WebView2 di beberapa perangkat PC berbasis Windows 10 untuk meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi web ketika menggunakan layanan tertentu seperti aplikasi Office, Outlook dan juga Microsoft Teams

Ide utamanya di sini adalah untuk meningkatkan kualitas dari aplikasi web. Namun aplikasi web ini bukanlah sebuah hal yang baru di Windows, jadi apa hal baru yang diberikan oleh runtime WebView2 tersebut?

Menurut Microsoft, WebView2 merupakan sebuah kontrol web yang dibangun menggunakan Edge Chromium dan menjadi generasi berikutnya dari WebView Edge berbasis HTML. Ini akan memungkinkan aplikasi bisa mengakses teknologi terbaru dari web, yang berarti bisa memberikan pengalaman yang lebih dan peningkatan performa kepada pengguna. 

WebView2 Microsoft Edge ini digunakan sebagai mesin render untuk menampilkan konten terkait web di aplikasi Windows dan generasi berikutnya dari layanan Microsoft 365 juga akan sangat bergantung pada WebView2. Misalnya, WebView2 akan dibutuhkan untuk menjalankan fitur Meeting Insights di Outlook dan juga akan memperkuat Microsoft Teams Alpha, sebuah klien desktop yang dilaporkan akan hadir akhir tahun ini. 

Jika merujuk pada roadmap resmi Microsoft, WebView2 akan terpasang di perangkat PC hanya menggunakan layanan Microsoft 365 saja. Namun dalam uji coba yang telah dilakukan, ditemukan bahwa runtime WebView2 terpasang di perangkat yang memiliki Office 2016 edisi pelajar, yang bukan menjadi bagian dari layanan Microsoft 365. 

Dengan memasang WebView2 di perangkat Windows 10, Microsoft akan mampu memberikan pengguna fitur Office yang terlihat dan terasa sama dalam segala faktor bentuk. Menurut Microsoft, runtime WebView2 juga bisa memastikan adanya pengalaman yang konsisten untuk konten berbasis web atau fitur di aplikasi Windows 10

Perlu dicatat bahwa WebView2 ini merupakan sebuah fitur penting untuk aplikasi Microsoft 365, namun tidak membutuhkan browser Edge terpasang di perangkat tersebut, dan tidak akan mengubah pengaturan aplikasi, browser atau mesin pencari. 

Jika tidak terpasang di perangkat, pengguna tidak akan bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari semua produk Microsoft. Oleh karena itu, Microsoft menyarankan pengguna untuk memasang runtime tersebut dan tidak ada cara lain untuk menghentikan runtime itu kecuali pengguna mengakses Group Policy Editor. 

Perlu diingat hanya perangkat PC yang menggunakan produk Microsoft Office yang akan terdampak, setidaknya untuk saat ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend