Microsoft Patenkan Teknologi Logo Camera Untuk Perangkat Surface

Microsoft Patenkan Teknologi Logo Camera Untuk Perangkat Surface

NESABAMEDIA.COMPerangkat laptop buatan Microsoft, Surface akan memiliki empat sensor kamera di bawah layar. Microsoft selama ini juga dilaporkan tengah mengembangkan sebuah kamera bawah layar dengan empat sensor dan juga filter warna. Ini terungkap dalam pengajuan paten Microsoft tentang Logo Camera.

Sebagai informasi, teknologi kamera bawah layar ini akan memasuki era mainstream pada tahun 2022 mendatang. Menariknya, beberapa perusahaan masih kesulitan untuk meningkatkan kualitas kamera untuk kamera depan tersebut. Namun Microsoft telah menghadirkan sebuah solusi unik dan mereka pun menamainya Logo Camera. 

Perangkat Microsoft Surface Duo sebelumnya yang mendapatkan sambutan hangat dari publik, pada dasarnya memiliki sebuah kekurangan dalam bentuk sistem kamera yang kurang bisa diandalkan. Perangkat itu menggunakan sebuah kamera selfie 11MP dan menawarkan kualitas gambar yang medioker. Namun, beberapa analis menilai bahwa Microsoft akan segera mengubahnya di masa mendatang. 

Pada bulan Oktober 2020, Microsoft membuka sebuah lamaran kerja untuk menduduki jabatan sebagai teknisi atau arsitek sistem kamera Android, dalam program pengembangan Surface. Ini menunjukkan bahwa Microsoft memang tertarik untuk meningkatkan kinerja kamera di perangkat Surface generasi selanjutnya. 

Microsoft pun mengajukan paten ke World Intellectual Property Office (WIPO) untuk Logo Camera di bulan yang sama. Namun dokumen ini baru terungkap bulan Mei kemarin. 

Paten Microsoft Logo Camera

Paten Microsoft Logo Camera

Paten tersebut menjelaskan mengenai empat kamera bawah layar, di mana masing-masing memiliki filter warna tersendiri. Teknologi ini dikembangkan untuk perangkat komputasi mobile seperti Microsoft Surface. Keempat kamera tersebut bernama Logo Camera. Filter warnanya akan menampilkan logo warna asli, ketika kamera dimatikan. 

Modul empat kamera tersebut terdiri dari empat sensor yang berada dalam susunan 2×2, yang juga membantu perangkat untuk mempertahankan faktor bentuknya yang ramping. Kepadatan piksel layar memberikan resolusi kamera yang tinggi. Faktanya, sensor dan lensa itu telah dirancang untuk memastikan bahwa sensor-sensor itu dioptimalkan untuk warna tertentu. 

Dokumen paten tersebut juga mengisyaratkan empat sensor termasuk satu sensor yang dioptimalkan untuk warna biru, sementara yang lainnya untuk warna hijau, merah dan kuning. Faktanya, filter warna itu bisa meningkatkan kinerja kamera pada lingkungan pencahayaan rendah. 

Mungkin Logo Camera yang dikembangkan Microsoft ini bisa berguna atau bisa juga tidak untuk perusahaan lain. Namun bagaimanapun ini merupakan sebuah pendekatan yang unik. 

Leave a Reply

Send this to a friend