Microsoft Perbaiki Bug di Windows 10 Yang Sebabkan File Cadangan Hilang

Microsoft Perbaiki Bug di Windows 10 Yang Sebabkan File Cadangan Hilang

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan telah memperbaiki sebuah bug di Windows 10 yang menyebabkan file cadangan atau backup hilang dalam kasus tertentu. Ini merupakan sebuah bug yang terjadi di fungsi File History, di mana beberapa pengguna mengaku mendapatkan bug ini setelah mereka memperbarui Windows dengan pembaruan kumulatif bulan Februari silam. 

Inti dari masalah tersebut adalah bahwa setelah pengguna memasang pembaruan Windows 10 bulan Februari itu, dalam beberapa kasus, file cadangan yang sudah disimpan menggunakan File History diketahui menghilang, dan kemampuan untuk melakukan pencadangan file yang baru pun tidak bisa bekerja. Pengguna yang mengalami permasalahan ini dikatakan bisa memasang patch pembaruan KB5001330 untuk memperbaikinya. 

Pengguna bisa mengunduh paket pembaruan tersebut melalui halaman Windows Update di halaman Settings, atau menggunakan Katalog Pembaruan Microsoft. Sejumlah pengguna yang telah memasang pembaruan KB5001330 mengaku masalah yang mereka alami sebelumnya memang benar telah diperbaiki. 

Meskipun laporan pertama mengenai adanya bug dalam pencadangan file itu muncul di forum dukungan Microsoft sejak bulan Februari yang lalu, namun tim pengembang Microsoft mengatakan bahwa mereka baru menemukan bug tersebut beberapa hari yang lalu. Namun meski demikian, tim pengembang Microsoft segera bisa memperbaiki masalah tersebut dan sepertinya akan memasukkan perbaikan ini pada pembaruan kumulatif Windows 10 berikutnya.

Sebagai pengingat, alat File History ini merupakan sebuah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk membuat salinan dari dokumen atau file lainnya. File cadangan akan dibuat secara otomatis dan dalam kasus tertentu, misalnya, secara tidak sengaja pengguna menghapus file atau dokumen penting, maka mereka bisa dengan mudah menggunakan file salinan yang sudah dicadangkan tadi untuk mendapatkan file yang telah terhapus itu. 

Fitur ini pertama kali muncul di Windows 8 dan kemudian dihadirkan kembali ke Windows 10. Selain mengatasi masalah pada File History, Microsoft juga telah melakukan perbaikan pada bug yang membuat pengalaman bermain game terganggu karena menurunnya kinerja perangkat secara tiba-tiba. Perbaikan ini dilakukan Microsoft lewat sisi server, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengunduh pembaruan di Windows Update, hanya dengan melakukan restart perangkat komputer dan perbaikan akan berjalan secara otomatis.

Leave a Reply

Send this to a friend