Microsoft Perbaiki Bug Windows 11 Terkait Direct3D 9

Microsoft Perbaiki Bug Windows 11 Terkait Direct3D 9

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengumumkan bahwa bug yang menyebabkan beberapa aplikasi yang menggunakan Direct3D 9 mengalami crash, akhirnya telah bisa diperbaiki di Windows 10 dan Windows 11. 

Bug itu rupanya disebabkan oleh pembaruan kumulatif yang dikirimkan oleh Microsoft sebagai pembaruan opsional pada akhir bulan April kemarin. Microsoft menjelaskan bahwa untuk memperbaikinya, mereka menggunakan metode Known Issue Rollback, untuk mengembalikan segalanya ke kondisi normal. 

“Setelah memasang pembaruan KB5012643, perangkat Windows yang menggunakan GPU tertentu mungkin akan mengalami aplikasi tertutup dengan sendirinya atau masalah dengan aplikasi yang menggunakan Direct3D 9. Anda mungkin juga akan mendapatkan error di Event Log di Windows Logs dengan modul kesalahan d3d9on12.dll dan exception code 0xc0000094”, terang Microsoft.

“Masalah ini telah diperbaiki dengan menggunakan metode Known Issue Rollback (KIR). Perlu dicatat bahwa mungkin ini membutuhkan waktu sampai 24 jam untuk perbaikan bisa secara otomatis hadir ke perangkat pengguna. Melakukan restart perangkat mungkin akan membantu mempercepat proses perbaikan. Untuk perangkat yang dikelola secara bisnis dan mengalami masalah ini, bisa melakukan perbaikan dengan memasang dan mengkonfigurasi Group Policy spesial,” tambah Microsoft. 

Microsoft juga telah menyediakan Group Policy spesial untuk memperbaiki bug tersebut, dan anda bisa memeriksa informasi resmi yang ditawarkan dengan mengunjungi halaman berikut ini.

Di saat yang sama, pembaruan kumulatif terbaru yang dirilis Microsoft untuk Windows 11 sepertinya kembali menyebabkan masalah baru, termasuk memicu terjadinya BSOD.

Sejauh ini pihak Microsoft masih belum memberikan informasi mengenai masalah baru tersebut, namun berdasarkan laporan yang dikirimkan pengguna, sepertinya masalah itu menyebar luas. Jadi kemungkinan Microsoft akan mengkonfirmasi mengenai masalah baru ini dalam waktu dekat.

Sementara untuk saat, satu-satunya cara untuk bisa memperbaiki masalah akibat pembaruan kumulatif baru adalah dengan menghapusnya. Caranya yakni dengan membuka halaman Windows Update di Settings, kemudian buka riwayat pembaruan dan melakukan pencopotan pembaruan terakhir. Tidak hanya Windows 11, pengguna Windows 10 seperti juga terdampak masalah yang sama, yang bisa menyebabkan BSOD ini.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend