Microsoft Segera Catatkan Kapitalisasi Pasar USD2 Triliun

Microsoft Segera Catatkan Kapitalisasi Pasar USD2 Triliun

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akan segera menjadi perusahaan asal Amerika Serikat kedua yang mampu mencapai kapitalisasi pasar sebesar USD2 triliun. Harga saham Microsoft naik sebesar 1 persen pada penutupan pasar kemarin, yang menjadikan kapitalisasi pasarnya menembus rekor tertinggi perusahaan yakni sebesar USD1,9 triliun. Jika sahamnya mengalami kenaikan lagi sebesar 5 persen, maka Microsoft akan bergabung dengan Apple dalam klub eksklusif perusahaan dengan kapitalisasi pasar USD2 triliun.

Microsoft mendekati tonggak sejarah berkat kinerja sahamnya baru-baru ini. Sahamnya mengalami kenaikan sekitar 17 persen untuk tahun 2021 ini, setelah melonjak sebesar 60 persen pada tahun 2020. Terlebih, mereka telah mengalami lonjakan harga saham lebih dari lima kali lipat sejak Satya Nadella menggantikan Steve Ballmer sebagai CEO perusahaan di tahun 2014 silam. 

Terlepas dari keuntungan yang didapatkan Microsoft, mereka tidak memberikan ancaman nyata untuk menggantikan posisi Apple sebagai perusahaan publik Amerika yang memiliki nilai kapitalisasi pasar tertinggi sekarang ini. Pada penutupan perdagangan saham kemarin, nilai kapitalisasi pasar pembuat iPhone itu mencapai angka USD2,2 triliun. Tertinggi terjadi pada bulan Januari lalu yang sempat menyentuh angka USD2,4 triliun.

Amazon dan juga Alphabet yang menjadi perusahaan induk Google, masing-masing tercatat memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD1,7 triliun dan USD1,5 triliun juga dilaporkan sedang dalam proses untuk menjadi perusahaan bernilai USD2 triliun berikutnya. 

Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975 telah menjadi salah satu perusahaan paling kuat di dunia. Produk utamanya meliputi sistem operasi Windows, serangkaian perangkat lunak Office, layanan komputasi cloud Azure, tablet Surface, dan game konsol Xbox. Mereka juga telah tercatat pernah melakukan akuisisi miliar dolar termasuk di antaranya Skype, LinkedIn, dan Mojang rumah produksi Minecraft selama satu dekade terakhir. 

Pada akhir bulan Januari lalu, Microsoft melaporkan kinerja kuartalan yang meledak, setelah mendapatkan keuntungan dari adanya kebijakan work from home. Pendapatan mereka melonjak sebanyak 17 persen secara tahunan menjadi USD43,1 miliar. Ini telah mengalahkan perkiraan analis yang sebelumnya hanya berkisar di sekitar USD3 miliar. 

Leave a Reply

Send this to a friend