Microsoft Teams Akan Dapatkan Fitur Enkripsi Ujung-Ke-Ujung

Microsoft Teams Akan Dapatkan Fitur Enkripsi Ujung-Ke-Ujung

NESABAMEDIA.COMTerhitung mulai bulan Juli nanti, Microsoft Teams akan mendapatkan lapisan tambahan untuk enkripsi ujung-ke-ujung yang akan menjadikan aplikasi tersebut jauh lebih aman. Beberapa waktu yang lalu, diberitakan bahwa pengguna tidak akan bisa mengakses file Microsoft Teams apabila tidak memiliki sambungan internet, dan sepertinya pada pembaruan nanti, hal itu tetap akan berlaku.

Berdasarkan roadmap dari Microsoft 365, pengelola IT akan memiliki kontrol penuh pada fitur enkripsi Microsoft Teams ini.

“Microsoft Teams akan mendukung opsi enkripsi ujung-ke-ujung untuk panggilan VoIP antar dua orang pengguna, yang menyediakan opsi tambahan untuk melindungi percakapan sensitif yang dilakukan secara online. Untuk mendukung keamanan klien dan persyaratan kepatuhan, IT akan memiliki kontrol penuh atas siapa saja yang dapat menggunakan enkripsi itu di sebuah organisasi atau perusahaan”.

Fitur enkripsi ujung-ke-ujung itu nantinya akan dikonfigurasi oleh IT atau admin yang juga bisa memutuskan siapa saja yang bisa menggunakannya. Nantinya, enkripsi ujung-ke-ujung itu akan mendapatkan lapisan tambahan untuk mengamankan panggilan VoIP dalam ruang lingkup perusahaan atau organisasi. Namun meski demikian fitur itu akan memiliki kekurangan. 

Nantinya, pengguna yang telah mendapatkan opsi ini, tidak akan lagi bisa menggunakan beberapa fitur, seperti fitur transkripsi dan perekaman yang akan menjadikan fitur enkripsi itu sia-sia belaka. 

Tentu saja, fitur enkripsi yang baru itu akan sangat berguna, ketika pengguna ingin mengirimkan atau membicarakan masalah yang sensitif ke rekan kerja, organisasi, atau pimpinan perusahaan. 

Perlu dicatat bahwa sang kompetitor Zoom, yang tidak begitu berorientasi pada kebutuhan bisnis, telah menggunakan fitur enkripsi ujung-ke-ujung dan juga kemampuan melakukan meeting dengan 200 lebih peserta sejak tahun lalu. 

Lebih lanjut mengenai keuntungan dari hadirnya fitur enkripsi terbaru itu masih belum begitu jelas detailnya seperti apa, dan baru akan tersedia pada awal bulan Juli nanti. Sebelumnya juga telah diberitakan bahwa Microsoft menunda hadirnya fitur baru, yakni fitur perekaman yang bisa diintegrasikan dengan layanan OneDrive ke bulan Agustus. Kemungkinan penundaan itu dikarenakan hadirnya fitur enkripsi ujung-ke-ujung tersebut. 

Leave a Reply

Send this to a friend