• Our Partners:

Microsoft Uji Desain Menu Start dan Efek Alt-Tab Baru Untuk Windows 10

NESABAMEDIA.COM – Demi tampilan lebih fresh kepada pengguna, Microsoft menghadirkan perubahan desain untuk Windows 10. Inti pembaruan desain berfokus pada penurunan frekuensi menu kotak-kotak pada Menu Start.

Awalnya, desain lama Start Menu pada Windows 10 dinilai amburadul karena banyaknya kotak daftar menu dengan warna seragam yaitu biru. Pada awal tahun ini, Microsoft pun telah mengumumkan perubahan desain untuk membuat pengguna lebih nyaman selama beraktivitas dengan Windows 10.

Akhirnya, Microsoft mulai menguji desain terbaru pada Windows 10. Hasil tampilan desain terbaru Menu Start pun tidak berbeda dengan janji pihak Microsoft yaitu meniadakan warna solid serta menerapkan sebagian warna latar belakang transparan. Hal ini dapat dilihat melalui Insider Preview 20161 yaitu sebuah platform untuk menjajal pembaruan Windows 10 sebelum peluncuran versi global.

Desain teranyar menu Start ini meninggalkan kesan lebih clear baik ketika dicoba pada Windows 10 versi light maupun dark. Pengguna pun tetap dapat memilih warna dasar untuk diubah menjadi transparan melalui menu Pengaturan. Melalui tampilan yang ringan dan desain lebih ramping, pengguna akan mampu memindai aplikasi secara lebih mudah.

Tampilan Windows 10 (Sumber: Slash Gear)

Selain menu Start, Microsoft pun mengeluarkan efek baru untuk tombol Alt-Tab. Jika sebelumnya hanya memunculkan laman yang aktif pada jendela browser saja, kali ini tombol tersebut akan menyertakan tab pada Microsoft Edge. Hal ini merupakan keputusan berdasarkan evaluasi hasil eksperimen sebelumnya yaitu ketika Alt+Tab menampilkan semua tab pada setiap aplikasi.

Dalam Build yang sama, Microsoft juga mengumumkan perubahan kecil lain. Contohnya ialah taskbar default yang memudahkan pengguna Xbox Live untuk terintegrasi dengan aplikasi Xbox secara personal lewat metode penyematan atau memasang pin. Pada masa mendatang, Microsoft akan lebih banyak melakukan uji coba terhadap menu Pengaturan supaya lebih dekat dengan menu Control Panel.

Pada akhir tahun ini, Microsoft berencana meluncurkan pembaruan besar untuk Windows. Maka tak heran perusahaan asal Amerika Serikat itu gencar menguji setiap detail fitur pada setiap minggu kepada masyarakat luas supaya lebih disukai dan mudah diterima. Jika merasa antusias untuk menjajal pembaruan pada Windows 10, segera bergabung dengan program Windows Insider, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend