Perubahan Desain Windows 10

Microsoft Ungkap Rencana Perubahan Desain Pada Aplikasi Windows 10

NESABAMEDIA.COMTampaknya Microsoft benar-benar sangat serius untuk melakukan desain ulang Windows 10, dan kini mereka menjajaki peningkatan tampilan pada Microsoft Store juga. Mereka mempertimbangkan sejumlah perubahan desain yang akan berdampak pada tampilan aplikasi secara ListView, GridView, tombol dan elemen lainnya dalam kondisi mouse sedang diarahkan.

Rumor peningkatan desain yang sudah sejak lama muncul sepertinya membuat Microsoft sangat sibuk dalam beberapa waktu terakhir. Kita sudah melihat bocoran dari Fluent Design di Windows 10 dan juga ikon aplikasi yang baru di Start Menu. Sebagai tambahan pada peningkatan sistem secara luas, Microsoft juga menghadirkan antarmuka baru ke aplikasi XAML.

Desain yang diusulkan Microsoft itu juga bertujuan untuk menerapkan sudut membulat pada item, termasuk kotak centang pemilihan item dalam jumlah banyak, tombol saklar, efek saat mouse diarahkan ke item, dan banyak lagi lainnya.

Desain baru ini akan membuat aplikasi XAML Windows menjadi setara dengan aplikasi web dan mobile, dengan tetap ada sentuhan tampilan Windows. Hal ini seperti yang sudah dicantumkan dalam sebuah dokumentasi baru yang dirilis oleh Microsoft.

Saat ini tombol pengaturan XAML yang ada di Windows 10 memang tidak beraturan dan tampak jauh dari kata konsisten, jika dibandingkan dengan bagaimana aplikasi web dan mobile yang terus berubah. Untuk mengatasi masalah ketidakkonsistenan ini, Microsoft berencana untuk mengubah tampilan default dari tombol saklar, geser dan rating yang ada di XAML.

Ada rencana juga jika perubahan ini akan dilakukan pada tampilan default dari tombol-tombol lainnya.

Tujuan lebih luasnya adalah untuk mencapai konsistensi secara keseluruhan pada aplikasi Windows 10, mulai dari aplikasi-aplikasi PWA hingga ke beragam aplikasi yang tersedia di Microsoft Store. Masa depan Windows 10 mungkin akan memiliki ciri khas dengan sudut yang membulat pada tampilan jendela aplikasi, tombol, slider, kotak dialog, pilihan menu dan lainnya.

Selain ujung yang membulat, area pada aplikasi tersebut juga akan mendapatkan tambahan sentuhan efek Fluent Design ketika dipilih, diarahkan atau dalam kondisi yang sedang aktif. Misalnya, item yang ditampilkan secara ListView kini akan mendapatkan penanda berbentuk centang dan warna aksen di bagian luar garis pembatas kini menjadi lebih terlihat.

Dalam sebuah dokumen lainnya, disebutkan juga bahwa Microsoft ingin mengatasi masalah antarmuka yang menyebabkan menu konteks bertambah tinggi saat pengguna melepas item yang telah disematkan di menu konteks tersebut.

Perlu dicatat bahwa rencana ini masih dalam bentuk proposal, dan bukan sedang berada dalam tahap pengembangan atau pengujian. Jadi tidak ada garansi apakah ini nantinya akan benar-benar dihadirkan di Windows 10 atau tidak.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend