• Our Partners:

Aplikasi PWA Office di Windows 10

Microsoft Uji Coba Instalasi Otomatis Office PWA di Perangkat Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dilaporkan tengah melakukan uji coba instalasi otomatis sejumlah Progressive Web Apps atau PWA Office melalui browser Edge-nya di Windows 10. Sejumlah aplikasi yang masuk dalam uji coba ini seperti Word, Excel, Outlook dan juga Power Point. Uji coba ini ditujukan hanya ke sebagian pengguna yang tergabung dalam Windows Insider, pada akhir pekan kemarin bersamaan dengan pembaruan rilis stabil browser Edge.

Lebih lanjut, Progressive Web Apps (PWA) merupakan aplikasi atau situs yang memiliki perilaku seperti aplikasi asli namun berjalan di dalam jendela browser. 

Sejumlah aplikasi Office di atas dilaporkan telah terinstall secara otomatis di perangkat pengguna Windows Insider, tanpa adanya permintaan pemberian izin dari pengguna. Laporan lain juga menyebutkan bahwa Microsoft memaksa pengguna menginstal aplikasi Office PWA itu dan kemudian mendaftarkannya dengan Windows 10. 

Namun pengguna masih bisa melakukan uninstall melalui halaman Apps and Feature di pengaturan Windows 10 atau melalui browser Edge itu sendiri. 

Dengan kebijakan baru ini, Microsoft akhirnya memutuskan memasukkan Outlook sebagai bagian dari aplikasi PWA juga. Pengguna juga diberikan pilihan untuk menginstal aplikasi Office di Windows 10 sebagai PWA jika mereka menginginkannya, untuk memudahkan integrasi dengan browser Edge. 

Sejauh ini Microsoft belum memberikan tanggapan resmi atas laporan pemaksaan instalasi PWA di Windows 10 ini. 

Namun di sisi lain, diketahui juga bahwa Microsoft tengah sibuk dengan proyek integrasi aplikasi PWA berbasis Edge ke Microsoft Store. Tim yang terlibat dalam proyek itu terakhir mengunggah sebuah twit bahwa integrasi tersebut hampir memasuki tahap final. 

Proyek tersebut merupakan perwujudan rencana dari Microsoft yang sudah dicanangkan sejak beberapa tahun yang lalu. Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi para pemilik website untuk menjadikan website mereka menjadi sebuah aplikasi.

Kemudian proyek itu dijadikan sebagai proyek Open Source dan diunggah ke Github. Sejak saat itu, banyak pihak yang terlibat termasuk dari Google dan Samsung maupun para individual. Proyek itupun mengalami perkembangan yang cukup menjanjikan.

Integrasi dengan Microsoft Store, akan semakin memudahkan para pemilik website dan pengembang aplikasi untuk menjangkau para pengguna Windows 10, tak terkecuali juga dengan Google Play Store.

Leave a Reply

Send this to a friend