Teknologi Nokia Open RAN 5G

Nokia Percepat Ketersediaan Open RAN Demi Tingkatan Performa Ponsel

NESABAMEDIA.COM – Nokia hari ini mengumumkan bahwa mereka meningkatkan kepemimpinan industrinya dalam solusi terbuka dengan secara cepat meningkatkan adopsi antarmuka Open RAN (O-RAN) dalam portofolio AirScale-nya. Peningkatan pada portofolio jaringan akses radionya (RAN) ini bertujuan untuk memungkinkan ekosistem terbuka inovasi dan rantai pasokan telekomunikasi yang kuat, sambil memastikan kinerja dan keamanan jaringan kelas dunia.

Kemampuan O-RAN baru ini, yang mencakup antarmuka terbuka, akan dibangun di atas perangkat lunak AirScale Nokia yang ada, menyediakan kinerja tingkat tinggi yang sama, fungsi yang luas, dan standar keamanan yang kuat dari produk radio Nokia saat ini.

Dengan mengambil pendekatan membangun antarmuka terbuka di atas solusi yang ada, Nokia membantu mempersiapkan arsitektur jaringan masa depan, terlepas dari apakah CSP memilih untuk mengejar jalur O-RAN atau tidak. Seperangkat fungsionalitas O-RAN awal akan tersedia tahun ini, sementara rangkaian lengkap antarmuka yang ditentukan O-RAN diharapkan akan tersedia pada tahun 2021.

Sebagai satu-satunya penyedia RAN global yang berkomitmen pada O-RAN, investasi Nokia yang dipercepat dan komitmen yang kuat pada O-RAN memberikan CSP serta regulator dan pembuat keputusan politik dengan jaminan yang lebih besar bahwa mereka dapat merangkul keterbukaan untuk mengamankan rantai pasokan telekomunikasi mereka, tanpa kekhawatiran tentang daya saing dan/atau keamanan infrastruktur 5G mereka. Nokia telah melakukan investasi besar-besaran dalam O-RAN dengan memimpin penyebaran awal RAN Intelligent Controller (RIC) dan fronthaul terbuka.

Nokia juga baru-baru ini mengumumkan generasi berikutnya dari portofolio AirScale Cloud RAN-nya. Karena solusi Nokia menggunakan trunk perangkat lunak yang sama di seluruh RAN, Cloud RAN, dan O-RAN, pelanggan Nokia akan mendapat manfaat dari fleksibilitas tertinggi untuk menentukan arsitektur jaringan mereka tanpa mengorbankan fitur, kinerja, atau keamanan jaringan.

Tommi Uitto, Presiden Mobile Networks di Nokia, mengatakan: “Nokia berkomitmen untuk memimpin masa depan ponsel terbuka dengan berinvestasi pada solusi Open RAN dan Cloud RAN dengan tujuan memungkinkan ekosistem telekomunikasi yang kuat dengan kinerja dan keamanan jaringan yang kuat. Solusi Cloud RAN Nokia memimpin pasar dan terus berevolusi menjadi arsitektur cloud-native. Kami memiliki skala dan kemampuan untuk mengatasi peningkatan permintaan pelanggan untuk teknologi ini, yang didukung oleh kinerja dan keamanan jaringan kelas dunia yang hanya dapat diberikan oleh Nokia. ”

Joe Madden, Kepala Analis di Mobile Experts, mengatakan: “Beberapa operator kini telah berkomitmen untuk Open RAN karena peningkatan fleksibilitas yang dapat dibawa olehnya. Operator baru berkomitmen penuh untuk Open RAN dan vendor perangkat keras alternatif di seluruh jaringan mereka, dan operator lama menggunakan O-RAN untuk menciptakan peluang bagi produk baru yang inovatif agar masuk ke dalam jaringan mereka yang kompleks.

Tren keseluruhan ini memperkuat ekosistem dan memungkinkan radio khusus untuk mengatasi beragam aplikasi dunia nyata yang tak terbatas. Nokia adalah satu-satunya vendor besar yang berkomitmen penuh untuk secara aktif mengembangkan antarmuka O-RAN, memastikan bahwa solusi 5G RAN akan mendukung ekosistem terbuka di masa depan yang dicari para operator. ”

Leave a Reply

Send this to a friend