Layanan Nvidia GeForce Now Windows dan Mac

Nvidia GeForce Now Kini Tersedia Untuk Chrome di Windows dan Mac

NESABAMEDIA.COMNvidia GeForce Now merupakan salah satu layanan Cloud Gaming papan atas yang pertama kali diluncurkan pada bulan April 2020 lalu. Saat itu, layanan ini hanya mendukung untuk perangkat Chromebooks. Kemudian di bulan November, layanannya merambah ke perangkat iOS dan iPadOS melalui browser Safari, tanpa menggunakan Apple App Store. 

Pada saat itu itu, Nvidia mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menghadirkan layanan GeForce Now ke lebih banyak perangkat selain berplatform Chrome, termasuk Linux, Mac, PC dan Android. Kini versi 2.0.27 dari GeForce Now telah dirilis dengan dukungan beta untuk browser Chrome di sistem operasi Windows dan MacOS. 

Dalam halaman rilis pembaruan itu, Nvidia mengatakan bahwa pengguna browser Google Chrome di Windows dan juga MacOS bisa mulai melakukan streaming untuk bermain game dengan mengunjungi play.geforcenow.com. Pihak Nvidia juga menyatakan bahwa platform selain Chrome kemungkinan juga bisa menggunakan layanan Cloud Gaming mereka dengan mengunjungi situs tersebut. Namun mereka tidak bisa memberikan jaminan, bahwa pengguna nantinya akan mendapatkan performa dan dukungan maksimal. 

Nvidia mengaku menggunakan framework WebRTC untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game di browser, agar bisa semirip mungkin dengan aplikasi aslinya. Sebelumnya, memang memungkinkan untuk mengakses layanan GeForce Now untuk web di hampir semua sistem operasi, dengan melakukan spoofing user agent. Akan tetapi, seringkali hal itu berdampak pada terjadinya lag dan sistem macet, membuat gamenya hampir tidak bisa dimainkan. 

Perlu dicatat juga, bahwa layanan Nvidia GeForce Now ini masih terbatas di beberapa wilayah tertentu saja. Apabila mengunjungi website di atas, pengguna akan mendapatkan notifikasi yang merekomendasikan agar layanan tersebut digunakan di klien aslinya saja untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik. 

Klien asli untuk GeForce Now telah tersedia untuk perangkat PC x86 dan x64 yang menggunakan Windows 10. Klien baru juga telah tersedia untuk perangkat Mac dengan chipset buatan Apple. Tetapi, sejauh ini masih belum tersedia klien asli untuk Linux ataupun Windows 10 ARM, jadi layanan Cloud Gaming lewat browser yang baru dirilis Nvidia itu, sangat cocok untuk kedua platform tersebut. 

Untuk semakin memberikan layanan terbaik di browser, Nvidia juga memperkenalkan beberapa fitur baru. Seperti, pengguna kini jadi lebih mudah untuk menambahkan pintasan desktop dari game favorit mereka yang tersedia di GeForce Now dan berbagi tautannya. 

Leave a Reply

Send this to a friend