OnePlus 9 RT Rilis Oktober Dengan Oxygen OS 12

OnePlus 9 RT Rilis Oktober Dengan Oxygen OS 12

NESABAMEDIA.COMOnePlus mengubah strategi peluncuran musim gugurnya tahun lalu, dengan membatalkan OnePlus 8T Pro demi model tunggal, OnePlus 8T, dan sepertinya pola yang sama akan dilakukan pada tahun ini. Ada kabar bahwa tidak akan ada OnePlus 9T, tetapi OnePlus akan merilis perangkat dalam seri flagship bernomor.

Menurut informasi yang diterima nesabamedia.com, OnePlus akan mengungkap OnePlus 9 RT di bulan Oktober. Ponsel ini akan menawarkan peningkatan sederhana pada OnePlus 9R dan akan terbatas pada pasar tertentu. Ini adalah satu-satunya ponsel dalam seri flagship bernomor yang ada di rencana perusahaan untuk akhir tahun in, sehingga nantinya akan ada dua peluncuran smartphone Nord, tetapi tidak ada perangkat baru yang ditujukan untuk segmen kelas atas.

Adapun perangkat keras yang ditawarkan OnePlus 9 RT yakni menggunakan 9R sebagai fondasi, sehingga akan menampilkan panel AMOLED 120Hz yang sama, versi lebih tinggi dari Snapdragon 870 dan bukannya Snapdragon 888 seperti yang banyak dikabarkan sebelumnya, serta dukungan baterai 4500mAh dengan pengisian 65W.

Akan ada peningkatan yang berfokus pada kamera, dengan sensor Sony IMX766 50MP yang ditampilkan dalam seri OnePlus 9 serta Nord 2. Sementara sensor berfungsi sebagai lensa wide-angle pada seri OnePlus 9, itu menjadi modul utama pada Nord 2, dan itu akan terjadi pada OnePlus 9 RT juga.

Adapun soal ketersediaan, OnePlus 9 RT akan debut di India dan Cina terlebih dahulu, mirip dengan 9R. Tidak akan ada penawaran lain dalam seri flagship bernomor di Eropa atau Amerika Utara tahun ini, dan itu masuk akal apabila melihat bagaimana OnePlus memposisikan dirinya di pasar ini.

OnePlus semakin fokus pada segmen smartphone murah di Amerika Utara dengan seri Nord N, dengan model dasar OnePlus 9 Pro bahkan tidak akan dijual di wilayah tersebut. Di Eropa, OnePlus menawarkan Nord 2 sebagai alternatif yang layak untuk smartphone Android murah terbaik dari Samsung, Xiaomi, dan Realme. Dengan OnePlus 9 RT yang pada dasarnya melemahkan OnePlus 9, dapat dimengerti bahwa OnePlus tidak ingin meluncurkannya di pasar global.

Yang sangat menarik dari OnePlus 9 RT adalah bahwa ini akan menjadi ponsel OnePlus pertama yang menjalankan Oxygen OS 12 berdasarkan Android 12 out of box. OnePlus sekarang menggunakan Color OS sebagai dasar untuk Oxygen OS, dan integrasi itu terlihat dengan baik seperti yang ada di Nord 2.

Oxygen OS 12 dibangun dengan cara yang signifikan, secara efektif menyatukan upaya perangkat lunak OnePlus dan OPPO yang berbeda. Skin akan meniru Color OS ke tingkat yang lebih besar, tetapi akan terus menawarkan OnePlus Launcher dan fitur unik OnePlus seperti Work-Life Balance, Mode Zen, Scout, dan Shelf.

Sementara Oxygen OS memiliki warna aksen dan kustomisasi ikon, sistem operasi itu tidak memiliki toko tema. Namun kemudian berubah dengan Oxygen OS 12, yang mendapatkan toko tema yang hampir identik dengan yang akan ditemukan di Color OS. Oxygen OS 12 juga mendapatkan beberapa tambahan yang berfokus pada privasi. Pengguna sekarang dapat mengatur peringatan ketika aplikasi mengakses konten clipboard, dan Color OS Private Safe sedang di-porting. Pengguna harus menyetel kata sandi privasi, lalu bisa mengunci data sensitif, termasuk foto, video, dan dokumen.

Oxygen OS memiliki mode Hidden Space yang memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi dari App Drawer, dan Private Safe akan memberi pengguna kemampuan untuk mengunci dokumen dan foto sensitif. Ada juga halaman Pengaturan yang didesain ulang dengan kategorisasi menu yang lebih baik, tetapi perubahan khusus ini sudah ada di Oxygen OS 11.3 di Nord 2.

Adapun desainnya, Oxygen OS 12 tidak akan menampilkan estetika Material You baru dari Google, karena bahasa desain hampir tidak berubah dari Oxygen OS 11.3. Informasi yang didapat nesabamedia.com menunjukkan bahwa OnePlus menargetkan status Close Beta Oxygen OS 12 dalam waktu dekat, tetapi banyaknya bug telah mencegah mereka melakukannya. Fokus seluruh tim perangkat lunak saat ini adalah untuk memperbaiki masalah yang tersisa di Oxygen OS 12 sehingga build OTA dapat dikirimkan ke penguji Close Beta.

Build yang ada saat ini juga dipenuhi dengan bug, dengan seringnya crash, masalah kamera, dan fitur yang hilang. Sepertinya masalah ini tidak terbatas pada OnePlus saja, bahkan pada Pixel 4 XL yang menjalankan Android 12 beta terbaru, ada lebih banyak bug daripada saat ini dibandingkan tahun lalu.

Timeline internal OnePlus saat ini menunjukkan beta tertutup untuk Oxygen OS 12 akan dimulai sekitar akhir Agustus, di mana mereka juga sudah merekrut penguji untuk hal yang sama. Public Beta  akan tersedia dua hingga tiga minggu setelah Close Beta, jadi kita baru bisa melihat build Oxygen OS 12 beta pada saat Google merilis versi stabil Android 12 bulan depan.

Leave a Reply

Send this to a friend