Pembaruan Windows 10 Kembali Timbulkan Error, Kali Ini Pada Browser Chrome

Pembaruan Windows 10 Kembali Timbulkan Error, Kali Ini Pada Browser Chrome

NESABAMEDIA.COMDi saat pembaruan Windows 10 bisa membawa kebahagiaan dengan sejumlah fitur baru, namun pada kenyataannya pembaruan itu lebih banyak membawa masalah baru. Pembaruan Windows 10 terakhir pun sepertinya telah menimbulkan kerusakan pada aplikasi yang digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia, yakni Google Chrome. Beruntungnya, ada cara untuk memperbaiki masalah itu.

Sebelumnya dilaporkan pembaruan Windows 10 telah menyebabkan masalah login untuk layanan Microsoft Outlook, Teams dan OneDrive. Setelah gelombang error itu berakhir, masalah lain kembali muncul dan mengganggu para pengguna, terkait dengan pembaruan yang sama. 

Pengguna Google Chrome di Windows 10 telah melaporkan sebuah bug yang menyebabkan browser yang mereka gunakan itu terus-terusan mengalami crash, bahkan terkadang aplikasi itu tidak bisa dibuka sama sekali. Jendela tanpa judul atau tabs misterius seringkali juga muncul, serta ekstensi menjadi macet. Pengguna yang mengalami masalah ini, juga mendapatkan pesan error “Click this balloon to reload the extension”. 

Namun menariknya, tidak seperti masalah pembaruan Windows 10 lainnya, tambalan perbaikan kali ini tidak dirilis oleh pihak Microsoft, melainkan oleh pihak Google sendiri, dengan banyak pengguna di media sosial dan sejumlah forum online mengeluhkan masalah tersebut. 

Dalam salah satu forum milik Google, salah seorang pengguna yang terdampak menuliskan, “Browser Chrome saya tidak lagi bisa dibuka. Bisa dibuka, tapi halaman yang saya akses malah macet, error saat membuka tab baru, bahkan hanya sekedar membuka pengaturan atau bookmarks, halaman itu macet. Aplikasinya tidak error, hanya halamannya saja. Saya tidak yakin apa yang sedang terjadi. Ketika memasang ulang Chrome pun, hasilnya tidak mengalami perubahan.”

Tak lama setelahnya, tim dari produk Google memberikan penjelasan mengenai masalah ini. Dia mengatakan bahwa error yang dialami pengguna ada di pihak Google, yakni terletak pada direktori data pengguna. 

Perbaikan resmi pun akan segera dirilis oleh Google dalam waktu dekat. Jadi sembari menunggu perbaikan itu dirilis, pengguna bisa mencoba langkah perbaikan alternatif jika mengalami masalah tersebut. 

  • Pastikan data telah tersinkronisasi dengan akun Google
  • Tutup semua jendela Chrome yang terbuka
  • Buka File Explorer dan kunjungi folder %LOCALAPPDATA%GoogleChromeUser 
  • Hapus file Local State, namun pastikan file cadangan telah disiapkan
  • Coba buka kembali Chrome

Langkah perbaikan alternatif sementara itu diinformasikan oleh pakar produk dari Google. Namun langkah itu hanya berlaku untuk mereka yang mengaktifkan fitur sinkronisasi akun Google. 

Leave a Reply

Send this to a friend