Pembaruan Windows 11 KB5012592 Sebabkan Masalah Pada Taskbar, Wi-Fi dan Browser

Pembaruan Windows 11 KB5012592 Sebabkan Masalah Pada Taskbar, Wi-Fi dan Browser

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru-baru ini telah meluncurkan pembaruan bulanan Windows 11 KB5012592. Pembaruan itu sendiri membawa beberapa fitur baru dan banyak peningkatan keamanan untuk komponen Windows.

Namun pembaruan itu rupanya juga membawa beberapa masalah baru, seperti menjadikan Taskbar, Wi-Fi dan kinerja perangkat bermasalah. Ada beberapa laporan juga mengenai browser yang mengalami crash dan kegagalan pemasangan.

Masalah ini telah dilaporkan melalui forum Reddit dan forum resmi Microsoft oleh banyak pengguna Windows 11. 

Pengguna melaporkan bahwa pembaruan Windows 11 KB5012592 gagal dipasang dengan beragam kode error seperti 0x800f0831, 0x800f081f dan 0x800f0900. 

“Saya memasang GPU baru kemarin. Hari berikutnya pembaruan Windows tidak mau terpasang. Unduhan sukses, namun kemudian gagal untuk terpasang ketika itu mencapai 100%. Saya sudah mencoba melakukan System Restore, menghentikan dan menjalankan layanan Windows Update. Windows Update Catalog juga tidak mau diunduh,” keluh salah seorang pengguna.

Setelah memasang pembaruan KB5012592, masalah soal browser yang tidak bisa terhubung ke internet atau mengalami crash telah dilaporkan ke forum Reddit dan forum resmi Microsoft. Ada juga laporan mengenai masalah jaringan internet yang menjadi sangat lambat setelah memasang pembaruan itu. 

“Setelah memasang pembaruan KB ini, semua browser termasuk Edge tidak bisa dibuka dengan pesan error seperti berikut: The Application Was Unable to Start Correctly (0xc0000022) Click Ok to Close the Application. 

Mencoba memasang browser lain juga gagal dengan error yang sama. Melakukan rollback pembaruan semuanya kembali normal. Saya berasumsi ini adalah masalah dengan fitur pemilihan browser default yang baru,” tambah pengguna lainnya. 

“Saya menjalankan Microsoft Edge di perangkat HP Windows 11. Ketika saya membukanya, tidak ada jaringan terhubung, saat saya mencoba membuka situs apapun. Hal yang sama terjadi dengan Google Chrome. Saya mencoba melakukan troubleshooting dan bahkan memanggil teknisi ISP saya. Tampaknya, jaringan internet itu masih bisa digunakan untuk aplikasi saya lainnya. Ketika saya mencoba menggunakan Firefox, hanya browser ini yang bisa tersambung ke internet,” kata pengguna lain di forum Reddit.

Selain masalah di atas, ada juga masalah Taskbar Windows 11 yang menjadi kosong setelah memasang pembaruan tersebut. Saat ini masalah ini masih diinvestigasi oleh Microsoft dan kemungkinan perbaikan akan dikirimkan pada pembaruan berikutnya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend