Pembaruan Windows 11 KB5012643 Bikin Safe Mode nge-Bug

Pembaruan Windows 11 KB5012643 Bikin Safe Mode nge-Bug

NESABAMEDIA.COMMicrosoft merilis sebuah pembaruan opsional Windows 11 22000.652 KB5012643 beberapa hari yang lalu, yang menambahkan beberapa perubahan dan perbaikan bug, termasuk salah satunya yang menyebabkan startup yang lama hampir 40 menit. Namun, meski telah mampu memperbaiki bug tersebut, pembaruan itu juga menimbulkan masalah baru lainnya, di mana terjadi flickering di layar ketika memasuki Safe Mode.

Masalah ini pertama kali menjadi perhatian setelah diutarakan oleh Deskmodder, yang menyadari adanya masalah tersebut. Pengguna lainnya seperti XanxoGaming kemudian menyampaikan masalah yang sama, di Ryzen 7 5800X3D dan dia mengatakan:

“Pembaruan Windows 11 KB5012643 bulan April, jangan dipasang dahulu. Memasuki Safe Mode di Windows 11 membuat saya mengalami loop jendela bantuan tanpa henti, melakukan safe mode Windows 11 sangat tidak aman. Mencopot pembaruan memperbaiki masalah itu,” cuit XanxoGaming.

Meski demikian, Deskmodder juga menyediakan solusi sementara yakni dengan memencet tombol 5 atau F5 ketimbang 4 atau F4, tampaknya mampu membuat masalah tidak muncul dan driver jaringan juga telah termuat dengan baik. 

Setelah masalah ini berlangsung selama beberapa hari, sepertinya Microsoft mulai menyadari adanya bug tersebut dan mengirimkan perbaikan. Namun perbaikan yang diberikan untuk sementara waktu ini dilakukan dengan melakukan Known Issue Rollback atau KIR. Kemungkinan akan memakan waktu sampai dengan 24 jam sejak KIR itu diluncurkan untuk sampai di perangkat yang terdampak. 

Untuk mempercepat penerapan KIR ini, anda juga bisa melakukan restart perangkat, dan seharusnya masalah Safe Mode sudah bisa teratasi dengan menggunakan tombol F4 seperti biasanya. 

Memang masalah ini bukanlah sebuah masalah yang begitu serius, mengingat hanya terjadi ketika melakukan Safe Mode saja. Pasalnya sangat sedikit juga pengguna yang memilih melakukan booting dengan Safe Mode, kecuali mereka juga sedang mengalami masalah lain seperti driver yang gagal dimuat atau bermasalah dengan aplikasi. 

Di sisi lain, sudah bukan jadi rahasia umum lagi jika pembaruan Windows yang dasarnya ditujukan untuk melakukan perbaikan atau menambah kemampuan baru, justru berujung pada timbulnya masalah baru lainnya lagi.

Apapun itu, biasanya akan selalu ada solusi sementara yang bisa dilakukan dengan mengunjungi web-web online yang mungkin mengalami masalah serupa, atau tinggal menunggu pihak Microsoft memberikan perbaikan penuh melalui pembaruan berikutnya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend