John McAfee terkena kasus penggelapan pajak

Pendiri Software Antivirus John McAfee Terjerat Kasus Penggelapan Pajak

NESABAMEDIA.COM – Pengusaha sekaligus ppemilik perusahaan perangkat lunak antivirus John McAfee telah dituduh menghindari pajak setelah gagal melaporkan pendapatan yang diperoleh dari mempromosikan cryptocurrency saat dia melakukan pekerjaan konsultasi, membuat perjanjian ceramah, dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter, jaksa di Tennessee mengatakan pada hari Senin. Usut punya usut, ia terjerat kasus penggelapan pajak.

Surat dakwaan bulan Juni yang menuntut John McAfee dengan penggelapan pajak dan kegagalan yang disengaja untuk mengajukan pengembalian pajak disegel di pengadilan federal di Memphis pada hari Senin setelah penangkapan McAfee di Spanyol, di mana ekstradisi ke AS sedang ditunda, kata kantor pengacara Amerika Serikat dalam rilis berita.

Catatan pengadilan online tidak menunjukkan apakah McAfee memiliki pengacara untuk berbicara atas namanya tentang tuduhan tersebut. Pihaknya pun sama sekali belum merilis pernyataan kepada publik maupun media.

McAfee mengembangkan perangkat lunak keamanan internet awal dan telah dicari oleh pihak berwenang di Amerika Serikat dan Belize di masa lalu.

Surat dakwaan mengatakan McAfee gagal mengajukan pengembalian pajak dari 2014 hingga 2018, meskipun menerima “pendapatan yang cukup besar” dari beberapa sumber. Dakwaan tersebut tidak menuduh bahwa McAfee menerima pendapatan atau memiliki hubungan dengan perusahaan perangkat lunak antivirus yang menyandang namanya selama tahun-tahun itu, kata jaksa penuntut.

McAfee menghindari pajak dengan mengarahkan pendapatannya untuk dibayarkan ke rekening bank dan akun pertukaran mata uang kripto atas nama orang lain, kata surat dakwaan. McAfee menyembunyikan aset dari lembaga federasl di negerii Paman Sam, Internal Revenue Service, termasuk aset properti real estate, kendaraan mewah, dan kapal pesiar, atas nama orang lain, kata jaksa.

Jika terbukti bersalah atas semua dakwaan penggelapan pajak, John McAfee bisa menghadapi hukuman hingga 30 tahun penjara.

McAfee dibebaskan dari penahanan di Republik Dominika pada Juli 2019 setelah dia dan lima orang lainnya dicurigai bepergian dengan kapal pesiar yang membawa senjata kaliber tinggi, amunisi dan perlengkapan gaya militer, kata para pejabat di Pulau Karibia pada saat itu.

Leave a Reply

Send this to a friend