Windows 7 Ke Windows 10

Pengguna Windows 10 Terus Meningkat, Namun Windows 7 Menolak Menyerah

NESABAMEDIA.COMJumlah pengguna baru Windows 10 terus meningkat, seiring Microsoft terus memberikan pembaruan baru dan ‘mematikan’ dukungan untuk Windows 7. Puncaknya terjadi pada bulan September, dengan hadirnya fitur yang lebih modern dan canggih, serta rencana pembaruan lagi besar-besaran pada Oktober ini.

Namun di saat yang sama, Windows 7, sistem operasi yang diluncurkan pada 9 tahun yang lalu dan sudah ‘ditinggalkan’ itu, masih berada di peringkat kedua sebagai sistem operasi yang banyak digunakan di perangkat desktop. Meski ancaman keamanannya juga masih membayang.

Lebih dalam, Windows 10 saat ini berjalan tidak kurang dari 61,26 persen di perangkat PC. Meningkat dari bulan Agustus yang berada di angka 60,57 persen, berdasarkan data dari NetMarketShare. 

Peningkatan yang cukup drastis pada penggunaan Windows 10 itu tidak terlalu mengejutkan. Sebab Microsoft telah mematikan Windows 7 sejak awal tahun dan meminta pengguna untuk beralih ke Windows 10 sesegera mungkin.

Pada bulan lalu, Windows 7 justru secara mengejutkan mengalami kenaikan market share, padahal jika secara teori, seharusnya mengalami penurunan yang signifikan akibat kebijakan dari Microsoft tersebut.

Windows 7 mengalami peningkatan dari angka 22,31 persen pada bulan Agustus menjadi 22,77 persen pada bulan lalu. Meski kenaikannya tidak terlalu substansial, mengingat Windows 10 juga mengalami peningkatan, hal ini bisa juga berarti bahwa sistem operasi lain ada yang mengalami penurunan. Sebut saja Linux.

Lalu apakah memang sebuah ide bagus untuk tetap menggunakan Windows 7? Jawabannya adalah tidak jika hal itu ditanyakan ke Microsoft, karena pihaknya akan menyarankan untuk segera meningkatkan ke Windows 10 agar keamanan terjamin. 

Tetap menggunakan sistem operasi yang tidak lagi mendapatkan dukungan pembaruan fitur, perbaikan dan keamanan dari pengembangannya memang sebuah hal yang sangat riskan. Terlebih Microsoft hanya akan memberikan bantuan, kepada para pengguna yang memang mengeluarkan biaya tambahan untuk program khusus seperti versi Enterprise yang mendukung hal tersebut. 

Pengguna memang sangat disarankan untuk segera meningkatkan sistem operasi ke Windows 10 terbaru. Meski jika melihat pada data market share di atas jumlah peningkatannya berjalan cukup lambat dan terkesan stagnan dalam periode tertentu.

Leave a Reply

Send this to a friend