Pengertian Argumentasi Beserta Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Argumentasi

Tahukah kamu apa pengertian dari Argumentasi? Kata argumentasi seringkali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi pada saat sedang melalukan debat dalam suatu kompetisi, pasti pembawa acara akan mempersilahkan kedua kelompok untuk mengemukakan argumentasinya terkait tema yang dibawakan.

Pengertian argumentasi secara umum yaitu merupakan sebuah tindakan maupun proses penalaran yang dilakukan dengan cara sistematis untuk bisa mendukung suatu ide, teori, tindakan, dengan tujuannya yaitu untuk dapat meyakinkan maupun mempengaruhi orang lain.

Pendapat lainnya juga telah mengemukakan arti dari argumentasi yaitu merupakan sebuah alasan untuk dapat memperkuat maupun menolah sebuah pendirian, pendapat, maupun gagasan dengan bertujuan untuk bisa meyakinkan atau membujuk orang lain.

Pada saat menyampaikan argumentasi biasanya juga disertai dengan bukti-bukti, penjelasan, alasan, dan juga ulasan yang objektif diikuti dengan analogi, contoh dan juga sebab-akibat.

Istilah dari kata Argumentasi juga diambil dari Bahasa Inggris, yakti ‘Argumentation’, yang mana memiliki arti yaitu pembuktian, uraian maupun dalil. Dengan begitu pengertian dari argumentasi juga bisa didefinisikan menjadi sebuah usaha yang dapat meyakinkan prang lain dengan mengemukakan pernyataan, pendapat, sikap, yang mana telah didukung dengan fakta yang benar.

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

Pengertian Argumentasi adalah

Adapun pengertian argumentasi menurut beberapa para ahli, yang mana dengan pengertian tersebut dapat membuat Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan kata argumentasi. Berikut pengertian argumentasi menurut beberapa para ahli :

1. Menurut Aceng Hasani

Seorang ahli bernama Aceng Hasani berpendapat bahwasanya pengertian dari argumentasi yaitu merupakan sebuah karangan yang dapat mencoba untuk bisa mempengaruhi orang lain dengan menunjukkan bukti-bukti yang dapat memperkuat pendapat atau argumen.

Dimana dalam penyajiannya juga sudah dilakukan dengan cara logis dan juga faktual yang bertujuan pembaca maupun pendengar akan tertarik dengan yang telah disampaikan oleh penulis.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam pernyataannya, Kamus Besar Bahasa Indonesia berpendapat bahwasanya pengertian dari argumentasi yaitu merupakan sebuah alasan yang dapat digunakan untuk mendukung maupun menolak sebuah gagasan dan juga pendapat orang lain yang diikuti dengan alasan yang objektif serta rasional.

3. Menurut Gorys Keraf

Seorang ahli bernama Gorys Keraf berpendapat bahwasanya pengertian dari argumentasi yaitu merupakan sebuah retorika yang bisa untuk mempengaruhi sikap maupun pendapat dari orang lain, yang mana dengan begitu mereka dapat percaya serta dapat bertindak sesuai dengan apapun yang diinginkan dari pembicara maupun penulis.

Dari argumentasi, seseorang juga merangkaikan fakta dengan sedemikian rupa, dengan begitu ia dapat menunjukkan apakah sebuah pendapat maupun suatu hal yang tertentu tersebut benar atau tidak.

4. Menurut Adeng Chaedar Alwasilah

Seorang ahli bernama Adeng Chaedar Alwasilah berpendapat bahwasanya pengertian dari argumentasi yaitu merupakan sebuah esai yang memiliki tujuan untuk dapat membuktikan suatu kebenaran maupun ketidakbenaran dalam suatu pernyataan.

Struktur Teks Argumentasi

Pengertian Argumentasi dan Strukturnya

Sama dengan teks yang lainnya, teks Argumentasi juga mempunyai struktur. Dan dilihat melalui garis besarnya, teks argumentasi atau paragraf argumentasi mempunyai tiga struktur yang utama. Tiga struktur tersebut harus dimiliki dari suatu teks argumentasi.

Ketiga struktur tersebut yaitu merupakan pendahuluan, tubuh argumen dan kesimpulan. Dengan memiliki tiga struktur utama dalam teks argumentasi, tidak berarti teks tersebut hanya memiliki 3 paragraf saja. Teks argumentasi dapat diisi dengan beberapa paragraf.

Beberapa dari paragraf teks argumentasi dapat berisikan pendahuluan, dan beberapa paragraf yang lainnya dapat berisikan tubuh argumen, dan begitu pula dengan beberapa paragraf yang dapat berisikan kesimpulan.

Struktur yang pertama dari teks argumentasi yaitu bagian pendahuluan. Bagian pendahuluan ini dapat berisikan argumen yang akan menunjukkan atau menyampaikan suatu dasar dari suatu argumentasi yang ingin disampaikan oleh seorang penulis.

Bagian pendahuluan juga dapar Anda buat dengan sangat menarik, guna untuk menarik minak pembaca. Biasa dibilang, Anda harus mengesankan pembaca dari kalimat awal yang akan Anda tuliskan.

argumentasi

Struktur utama teks argumentasi yang kedua yaitu tubuh argumen. Pada bagian tubuh argumen ini berisikan isi yang berfokus kepada usaha untuk bisa membuktikan gagasan atau pendapat yang sudah dituliskan di bagian pendahuluan.

Tulisan tersebut bisa berupa penyusunan fakta-fakta, jalan pikiran yang logis maupun eksperimen. Sehingga, diharapkan nantinya bisa dicapai suatu kesimpulan yang benar pula.

Struktur yang terakhir dari teks argumentasi yaitu bagian kesimpulan atau bisa juga disebut dengan ringkasan. Tujuan bagian kesimpulan ini yaitu untuk menunjukkan ke seluruh pembaca bahwasanya gagasan yang telah diberikan akan sesuai dengan kebenarannya.

Tulisan di bagian kesimpulan ini juga disampaikan dengan proses penalaran yang bisa diterima menjadi sesuatu yang logis. Bagian ini juga mencakup dari keseluruhan isi dari suatu bacaan maupun teks argumentasi yang dapat di berikan dari seluruh bagian-bagiannya.

Ciri-Ciri Teks Argumentasi

Pengertian Argumentasi dan Ciri-Cirinya

Setiap teks ataupun bacaan mempunyai ciri-ciri khususnya yang tersendiri. Begitu pula dengan teks Argumentasi. Ciri-ciri dari teks ini dapat dilihat dari bacaannya yang banyak berisikan gagasan, ide maupun pendapat dari seorang penulis.

Teks tersebut juga diikuti dengan alasan yang sangat logis, serta data dan bukti yang nyata adanya. Tujuan dengan menggunakan alasan yang logis, data dan bukti yang nyata tersebut ialah digunakan untuk bisa menggiring para pembaca agar dapat mempercayai tulisan yang sudah di buat oleh penulis tersebut.

Dari teks argumentasi ada beberapa ciri-ciri tersendiri, dengan ciri-ciri tersebut Anda dapat dengan cepat mengenali suatu teks ke dalam jenis teks argumentasi. Ciri-cirinya yaitu dengan jumlah 4 ciri. Dan berikutadalah ciri-ciri teks argumentasi.

  1. Isi dari teks berisikan suatu pendapat, ide, gagasan dan pandangan dari seorang penulis.
  2. Dan pendapat tersebut diikuti juga dengan alasan yang logis, data dan bukti yang nyata.
  3. Teks tersebut disampaikan dengan analogi dan juga analisis
  4. Teks memiliki akhir yaitu kesimpulan.

Contoh Teks Argumentasi

argumentasi

Musim di Indonesia saat ini merupakan musim kemarau yang paling parah dalam waktu 10 tahun terakhit. Dan selama dalam waktu 6 bulan, hujan tidak lagi turun. Hal itu menyebabkan sumber air dan juga tanah menjadi kering. BMKG berpendapat bahwasanya dapat diperkitakan tahun ini hujan akan turun pada awal bulan depan.

Dan jika halt itu benar terjadi, maka dapat dipastikan fenomena musim kemarau pada tahun ini bukanlah kemarau. karena kal tersebut terjadi selama 7 bulan. Sedangkan dilihat dari data BMKG pada tahun yang lalu, kemarau hanya terjadi dalam waktu 5 bulan. Dengan begitu, banyak petani yang merasa rugi karena mereka mengalami gagal panen yang di sebabkan tak ada air yang mengalir ke persawahan milik mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian argumentasi, ciri-ciri dan juga contoh dari teks argumentasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, dan juga menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend