Kenali Pengertian Drupal Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Drupal

Anda tahu apa itu Drupal? Bagi anda yang sudah sering berurusan dengan dunia website atau d mungkin sudah familiar dengan nama ini. Memiliki website di jaman yang serba maju sekarang ini memang tidak sulit. Mengapa? Karena sudah banyak aplikasi untuk web yang bisa dimanfaatkan oleh anda untuk menciptakan sebuah website dengan tampilan seperti keinginan anda.

Berbeda dengan dahulu dimana anda harus memasukkan code-code tertentu baru bisa membuat web. Salah satu aplikasi web yang bisa anda gunakan adalah Drupal. Drupal menjadi salah satu aplikasi database terbaik serta merupakan salah satu aplikasi CMS atau content management system yang bersifat open source. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan juga sudah mendapatkan lisensi GPL.

Anda bisa menggunakan Drupal untuk menciptakan sebuah website personal dan juga profesional. Seseorang yang berjasa dalam menciptakan Drupal adalah Dries Buytaert yang berhasil menciptakan aplikasi ini pada tahun 2001. Anda bisa menggunakan Drupal untuk anda hubungkan dengan beberapa program database seperti MariaDB, MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa langsung mengunduhnya di internet jika anda tertarik untuk memilikinya. Selain itu, ukuran file yang hannya 12 MB menjadikan Drupal sebagai salah satu aplikasi yang banyak diminati. Kapasitas tersebut seolah-olah menunjukkan bahwa memang aplikasi ini merupakan aplikasi yang ringan yang mana tidak akan membuat komputer atau laptop anda menjadi lemot.

Fungsi Drupal

Apa itu Drupal? Pengertian Drupal Adalah

Setelah paham tentang pengertian Drupal, maka di bawah ini kami sudah memiliki informasi mengenai apa saja  fungsi yang terkandung di dalam Drupal. Seperti yang sudah kami terangkan bahwa Drupal masuk  ke dalam salah satu aplikasi CMS. Artinya, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur-fitur menarik dan canggih yang bisa digunakan untuk membuat website dengan tampilan yang elegan.

1. Sebagai website personal

Bagi anda yang sekarang berkeinginan untuk menciptakan sebuah website personal atau website untuk kebutuhan diri anda sendiri. Anda bisa menggunakan Drupal yang mana nanti anda akan diberikan kemudahan di dalam mengatur atau melakukan kustomisasi sehingga menciptakan sebuah desain web sesuai dengan keinginan atau selera anda.

2. Sebagai website perusahaan

Seperti yang sudah kami terangkan bahwa anda bisa menggunakan Drupal baik untuk keperluan website pribadi maupun juga untuk profesional, seperti perusahaan. Drupal memang menjadi salah satu aplikasi CMS yang tidak sedikit dimanfaatkan dalam membuat produk unggulan dan menampilkan profil perusahaan.

Banyak plugin yang ada di Drupal sangat mendukung ketika digunakan untuk website perusahaan maupun juga untuk keperluan profil perusahaan. Maka dari itu, Drupal lebih banyak digunakan karena memang menyediakan banyak fitur dan plugin yang bisa dimanfaatkan.

3. Digunakan sebagai media sosial dan situs forum

Di jaman yang maju ini membuat sebuah forum diskusi maupun media sosial bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakan Drupal sebagai aplikasi pilihan anda untuk mewujudkan forum maupun media sosial. Banyak plugin pada Drupal yang juga bisa dimanfaatkan, baik secara gratis maupun juga berbayar.

4. Situs pada toko online

Mereka yang sekarang menggunakan website untuk kebutuhan berjualan secara online juga ada yang menggunakan Drupal. Tidak sedikit toko online yan tersebar di internet yang sudah menggunakan Drupal sebagai aplikasi content managementnya. Yang harus anda lakukan adalah cukup menambahkan plugin khusus agar supaya Drupal bisa support atau bisa digunakan untuk membuat situs toko online tersebut.

5. Aplikasi internal

Fungsi Drupal yang kelima adalah bisa digunakan untuk membuat sbeuah aplikasi internal. Bagi anda yang hendak membuat aplikasi yang berbasis website, maka anda bisa mengkostumisasikannya dengan menggunakan Drupal. Penggunaannya pun tidak sulit yang mana anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya saja sesuai dengan cara membuat sebuah aplikasi internal dengan Drupal.

Kelebihan dan Kekurangan Drupal

Kelebihan dan Kekurangan Drupal

Setiap aplikasi memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hal ini tentu sangat wajar dan bahkan memberikan peluang bagi pencipta atau pengembangnya untuk terus meningkatkan kemampuan dari aplikasi tersebut. Di bawah ini kami akan menerangkan kepada anda mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan Drupal.

1. Kelebihan Drupal

  • Drupal merupakan aplikasi CMS yang terkenal akan keamanannya karena memang selalu diupdate secara berkala.
  • Drupal merupakan aplikasi yang bersifat open source sehingga anda bisa mengembangkannya dengan mudah selain memang sudah banyak module yang tersedia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan website dengan menyesuaikan kebutuhan anda.
  • Aplikasi ini sudah memiliki komunitas yang cukup besar dimana anda bisa saling memberikan masukan, khususnya kepada Drupal.org.
  • Drupal diketahui lebih mudah untuk diluncurkan dari berbagai macam hosting dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.
  • Di dalam Drupal mengandung multisite serta mudah untuk diskalakan.
  • Banyak plugin yang bisa anda gunakan untuk menciptakan sebuah website yang menarik. Plugin tersebut ada yang bisa anda gunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar.
  • Siapapun bisa menggunakan Drupal karena memang kemampuannya yang fleksibel.
  • Untuk integrasi pihak ketiga mudah dilakukan.
  • Caching mampu meningkatkan kecepatan dan juga kinerja website.

2. Kekurangan Drupal

  • Tidak sedikit orang yang membutuhkan waktu lebih lama sebelum mereka benar-benar menguasai Drupal dibandingkan ketika mereka baru belajar WordPress.
  • Drupal kadang-kadang menghabiskan banyak resource dari server ketika anda tidak mentweaknya secara benar.
  • Perlu anda tahu bahwa menemukan developer untuk Drupal lebih sulit dibandingkan ketika anda mencari pengembang Joomla maupun WordPress.
  • Anda cenderung akan kesulitan ketika hendak membuat customed module ketika anda tidak bisa menemukan pengembang Drupal.

Itulah penjelasan tentang pengertian Drupal beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend