Pengertian HTTPS Beserta Fungsi dan Perbedaannya dengan HTTP

Hyper Text Transfer Protocol Secure atau yang populer dengan istilah HTTPS merupakan bagian dari protocol internet yang digunakan oleh setiap orang ketika sedang berselancar di dunia maya, namun sebelum membahas lebih jauh tentang HTTPS, ada yang perlu anda ketahui bahwa ada perbedaan antara HTTP dan HTTPS, perbedaanya memang hanya di huruf S saja, yaitu melambangkan secure atau keamanan, tetapi ini sangat berpengaruh terhadap keamanan data ketika anda melakukan kegiatan selancar dunia maya.

HTTPS kita temui di banyak momen ketika membuka sebuah situs website seperti situs toko online, situs berita, situs resmi pemerintah dan salah satunya adalah website nesabamedia sendiri juga menggunakan HTTPS sebagai keamanan protocolnya. Pada intinya HTTPS adalah protocol plus yang lebih dari HTTP biasa, lalu apa sebenarnya HTTPS itu sendiri? Pada artikel ini akan membahas tentang pengertian HTTPS dan berbagai macam fungsi serta perbedaan antara HTTP dan HTTPS.

Pengertian HTTPS

HTTPS

Pengertian HTTPS

Secara umum kita mengenal HTTPS sebagai sebuah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang dalam hal ini digunakan untuk protocol komunikasi dalam jarigan dunia internet. HTTPS bisa dikatakan sebagai sebuah protocol yang menjamin akan kemanan dari jalur dan arus data yang keluar masuk ke dan dari komputer penggunanya. Jalur tersebut sudah dinyatakan valid dan aman dengan sertifikasi yang di tunjukan oleh SSL sendiri. Dengan menggunakan HTTPS berarti keamanan dan kerahasiaan data akan di jamin terutama arus data yang keluar masuk dari situs dan penggunanya.

Pengertian HTTPS

HTTPS

Kelebihan lain ketika anda menggunakan HTTPS akan memungkinkan data anda tetap aman dari retasan orang yang berbuat jahat, selain itu anda juga akan aman dari kegiatan sadap menyadap, artinya adalah ketika anda mendapatkan data atau informasi dari sebuah website, informasi atau data tersebut hanya anda yang akan tahu, dan tidak dapat di sadap oleh orang lain. Karena jalur yang anda gunakan sendiri adalah Protocol Hypertext dengan jaminan keamanan.

Contoh nyata penggunaan HTTPS dalam kehidupan kita adalah ketika anda memiliki akun Internet Banking yang anda akses melalui websitenya, disitu anda akan melakukan transaksi dimana saldo pada akun rekening anda berisi ratusan juta dan uang sebanyak itu hanya diamankan dengan username dan password, tanpa adanya HTTPS data login tersebut akan sangat mudah untuk di sadap oleh orang lain, apalagi anda menggunakan jaringan internet bebas seperti free wifi. Untuk itu pihak perbankan menggunakan layanan protocol secure seperti HTTPS untuk mengamankan data login anda dan juga data penting lainya, sehingga anda bisa bertransaksi dengan aman.

Fungsi HTTPS

Secara umum fungsi HTTPS adalah untuk mengamankan transaksi data yang terjadi antara situs dengan penggunaya. Dengan adanya HTTPS data yang di inputkan oleh penggunya ke dalam situs akan terjamin keamananya karena menggunakan jalur keamanan khusus yang bersetifikasi global, terlebih ketika anda menggunakan layanan jaringan internet gratis seperti free wifi, tentu sangat rentan terhadap aksi penyadapan, sehingga dengan adanya penggunaan protocol seperti ini akan meningkatkan keamanan data anda.

Fungsi HTTPS

HTTPS

Karena ketika anda memasukan misalnya username dan password dari internet banking, ketika anda menekan tombol enter, maka di sana peran penting dari HTTPS, karena username dan password anda akan di acak menjadi kode yang tidak akan bisa di baca oleh manusia, sehingga penyadapan terhadap akun rekening anda menjadi aman, demikian juga transaksi balik dari situs ke komputer anda juga akan di amankan oleh HTTPS.

Selain itu dengan menggunakan HTTPS juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna karena situs yang memasang HTTPS sebagai protocol komunikasi utamanya akan mendapat icon keamanan dari browser, selain itu situs yang menggunakan HTTPS juga mendapatkan keutamaan dari situs pencarian google, karena pihak HTTPS berpendapat bahwa situs yang menggunakan protocol HTTPS merupakan situs yang aman bagi pengguna google sendiri.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Jika HTTP dan HTTPS sama-sama protocol komunikasi internet lalu dimana perbedaan antara keduanya secara spesifik dan teknis? Berikut di bawah ini adalah perbedaan antara HTTP dan HTTPS.

HTTP adalah sebuah protocol komunikasi internet yang menggunakan layer aplikasi dan berfungsi untuk sistem informasi terdistribusi, kolaborasi dan menggunakan hypermedia, Penggunaanya banyak digunakan untuk transaksi sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang kita kenal dengan istilah Hyperteks. Sedangkan untuk HTTPS sendiri merupakan sebuah protocol komunikasi internet yang secara garis besar sama dengan HTTP, hanya saja HTTPS memiliki tambahan berupa secure atau keamanan yang menggunakan secure socket layer, tambahan ini di temukan oleh Netscape Communication Corporation.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTPS dan HTTP

HTTPS memberikan jaminan keamanan dalam transaksi datanya, sehingga akan menambahkan kepercayaan pengguna bahwa mereka sedang berbicara dengan layanan komputer server dengan tingkat kebenaran dan kemanan yang tinggi, dengan menggunakan HTTPS juga dapat menjaga kerahasiaan dan integritas data penggunanya. Selain itu perbedaan antara HTTP dan HTTPS juga terdapat pada port yang digunakan, jika HTTP menggunakan port 80, maka HTTPS menggunakan port 443, walaupun HTTPS bekerja dengan interaksi transmisi yang sama seperti HTTP normal namun tetap terenkripsi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian HTTPS yang di ikuti dengan penjelasan mengenai fungsi dan perbedaan antara HTTP dan HTTPS. Semoga dengan adanya artikel pengertian HTTPS ini, anda menjadi lebih tahu dan mampu membedakan mana situs yang aman, dan mana situs yang tidak aman, supaya keamanan dan kerahasiaan data anda tetap terjaga.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply