Apa itu Komunikasi Data? Pengertian Komunikasi Data

Apa itu Komunikasi Data? Pengertian Komunikasi Data

Pengertian Komunikasi Data

Apa itu komunikasi data? Komunikasi data merupakan sebuah bentuk khusus yang berhubungan dengan transmisi maupun pemindahan data yang dilakukan dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya maupun antara komputer dengan piranti yang lainnya. Data tersebut berbentuk data digital yang selanjutnya akan ditransmisikan melalui sebuah media komunikasi data.

Komunikasi data sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di mana sehari-hari banyak masyarakat yang memanfaatkan komunikasi data meskipun kemungkinan mereka tidak menyadarinya. Komunikasi data telah diterapkan di dalam berbagai bentuk aplikasi seperti komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau perangkat dengan perangkat lainnya yang kita kenal dengan sebutan internet.

Setiap hari ada jutaan orang yang menggunakan internet baik melalui komputer, laptop, smartphone, tablet, maupun perangkat lainnya. Selain itu, komunikasi data juga berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan antara hp dengan komputer, komputer ke hp, hp ke hp, maupun handphone ke perangkat lainnya seperti fax, printer, telepon, kamera video, dan lain sebagainya.

Komponen Komunikasi Data

Pengertian Komunikasi Data

Terdapat lima komponen penting mengenai komunikasi data yang akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Sumber Data

Komponen komunikasi data yang pertama adalah sumber data. Sumber data merupakan lokasi utama di mana berbagai data maupun informasi dikumpulkan untuk selanjutnya dikirimkan. Sumber data juga bisa diartikan sebagai sumber dari perangkat yang berguna untuk memasukkan data dan mengirimkannya ke penerima. Untuk perangkat yang berperan sebagai sumber data memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Beberapa contohnya seperti tulisan, video, maupun gambar. Semua data tersebut akan berada dalam satu kesatuan tersistem yang kemudian masuk ke dalam sistem komputer. Selain komputer, terdapat beberapa perangkat yang juga berperan sebagai sumber data seperti telepon, fax, dan lain-lain. Setiap sumber akan menghasilkan gelombang elektromagnetik dalam mengirim data.

2. Transmitter

Transmitter bertugas memproses berbagai macam informasi sebelum nantinya dikirimkan melalui media tertentu. Sebenarnya bentuk asli dari sebuah data yaitu kode biner. Agar data biner tersebut bisa diolah menjadi file, maka harus ada media yang dinamakan transmitter. Salah satu contoh transmitter yang mudah kita temukan adalah modem.

3. Sistem Transmisi

Sistem transmisi atau media transmisi bertugas membawa sinyal yang berasal dari sumber transmisi untuk disampaikan atau dikirimkan ke penerima. Bentuk sistem transmisi seperti jalur yang beragam. Ada jalur tunggal dan ada juga jalur yang kompleks. Jalur tunggal hanya akan dilewati satu jaringan. Sementara jalur kompleks membutuhkan beberapa rangkaian sistem tertentu.

4. Penerima

Penerima informasi atau data bertugas menerima sinyal yang berasal dari sistem transmisi. Proses penerimaan tersebut melalui berbagai proses sehingga tidak bisa langsung diterima begitu saja. Salah satu contoh dari tahapan pemrosesan tersebut adalah workstation.

5. Pengirim

Pengirim merupakan komponen di dalam komunikasi data yang berperan mengirim data. Pengirim akan mengirimkan datanya sesuai target atau penerima yang diinginkan. Hanya saja, data yang dikirimkan tidak bisa langsung diterima oleh target melainkan masih melalui berbagai tahapan proses. Baru kemudian data yang dikirimkan dapat sampai ke penerima sesuai file yang diinginkan apakah teks, audio, video, atau gambar.

Leave a Reply

Send this to a friend